Advertisement

Nilai Investasi Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung Capai Rp92,4 Triliun

Nasional —Rabu, 7 April 2021 14:11 WIB
Editor: Rijal
    Bagikan:  
Nilai Investasi Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung Capai Rp92,4 Triliun
Sandiaga Uno ketika mengunjungi KEK Tanjung Lesung Pandeglang, Banten. (ist)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID-- Nilai investasi pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, cukup fantasis.

Diproyeksikan menyerap investasi hingga Rp92,4 Triliun dan menyerap sebanyak 85.000 tenaga kerja pada tahun 2025 nanti.

Hal tersebut terungkap saat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meninjau KEK Tanjung Lesung itu, Selasa (6/4/2021) kemarin.

Katanya, target itu mengingat kawasan Tanjung Lesung ini memiliki letak strategis dan dapat diakses dengan mudah dari Ibu Kota Jakarta.

Dengan waktu tempuh perjalanan dari Ibu Kota Jakarta menuju KEK Tanjung Lesung sekira 2,5 sampai tiga Jam. Jarak tempuhnya sekira 170 kilometer.

"KEK Tanjung lesung diproyeksikan menarik investasi sebesar Rp92,4T dan diproyeksikan dapat menyerap sebanyak 85.000 tenaga kerja hingga tahun 2025," kata Sandiaga Uno.

[page-pagination]

Sandiaga Uno mengungkapkan, KEK Tanjung Lesung adalah salah satu KEK pertama yang berhasil menggabungkan pilar-pilar unggulan Kemenparekraf.

"Pertama adalah semangat optimisme bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan segera bangkit. Dan kita sudah lihat dari event-event yang akan diselenggarakan salah satunya adalah event extreme sports terbesar dan yang pertama di Indonesia," katanya.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno, pilar unggulan kedua adalah banyaknya peluang yang akan terbuka melalui inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Inovasi produk-produk ekonomi kreatifnya, kolaborasi melibatkan UMKM, dan adaptasi pada teknologi dan digital.

[page-pagination]

"Ketiga, Desa Wisata ikut terlibat dalam pengembangan kawasan ini. Oleh karena itu, kita akan hadirkan keadilan ekonomi, membuka luas lapangan kerja untuk masyarakatnya," kata Sandiaga Uno di KEK Tanjung Lesung.

Sandiaga Uno menegaskan, KEK Tanjung Lesung, pertama dari 10 KEK pariwisata yang ditetapkan pemerintah yang diharapkan mampu mendongkrak pariwisata di Provinsi Banten. Dengan desa wisata sebagai program unggulan dipastikan ikut terlibat dalam pengembangan kawasan wisata ini.

"Saat ini sudah ada 16 desa wisata di Pandeglang, dan akan terus ditambah jumlahnya. Kami optimis KEK Tanjung Lesung yang dikolaborasikan dengan Desa Wisata akan membuka lapangan kerja lebih luas lagi, menjadi solusi kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di masa pandemi," pungkasnya. (Yusuf Permana/krj)

Editor: Rijal
    Bagikan:  

Berita Terkait