Advertisement

Eksepsi Habib Rizieq Shihab Dapat Penolakan Majelis Halim, Sidang Berlanjut Tahap Pembuktian

Nasional —Selasa, 6 April 2021 16:23 WIB
Editor: Rijal
    Bagikan:  
Eksepsi Habib Rizieq Shihab Dapat Penolakan Majelis Halim, Sidang Berlanjut Tahap Pembuktian
Habib Rizieq Shihab saat jalani sidang perdana secara virtual. (dok)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menolak eksepsi atau keberatan yang diajukan Habib Rizieq Shihab, sehingga sidang berlanjut pada tahap pembuktian.

Demikian terlihat saat pengadilan menggelar sidang lanjutan yang beragendakan putusan sela, Selasa (060//20214).

Sedangkan yang disidang merupakan perkara nomor 226 kasus kerumunan warga di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Megamendung Bogor.

Majelis Hakim dipimpin Suparman Nyompa dengan anggota M Djohan Arifin dan Agam Syarief Baharudin.

"Menyatakan nota keberatan atau eksepsi terdakwa dan penasihat hukum tidak dapat diterima. Menyatakan Pengadilan Negeri Jakarta berwenang memeriksa dan mengadili perkara," kata Majelis Hakim dalam putusannya, Selasa (06/04/2021).

Menurut majelis hakim, pertimbangan saat menolak perkara nomor 221 kasus kerumunan warga di Petamburan, Jakarta Pusat, menilai dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sudah sesuai.

[page-pagination]

Pasalnya, uraian dakwaan merinci kronologis kejadian saat kerumunan warga di Pondok Pesantren Alam Agrokultural, Bogor terjadi pada November 2020 lalu.

Majelis Hakim juga menolak poin eksepsi bahwa JPU dan Polri menutup mata terhadap sejumlah kasus pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan sejumlah tokoh tapi tidak diproses.

"Kronologis kasus sudah masuk ke dalam pokok perkara. Kepolisian atau kejaksaan yang menutup mata terhadap peristiwa lain tidak masuk ke dalam lingkup keberatan sebagaimana Pasal 156 KUHAP sehingga harus dikesampingkan," ujarnya.

Lantaran ditolak Majelis Hakim menyatakan sidang berlanjut ke tahap pembuktian, ke depannya akan dilakukan pemeriksaan saksi-saksi.

Saksi-saksi dari pihak JPU pada sidang lanjutan yang dijadwalkan digelar pekan depan. (Ifand/krj)

Editor: Rijal
    Bagikan:  

Berita Terkait