Advertisement

Minang In Wrap, Nasi Padang Bungkus Tortilla Sudah Buka Dua Cabang dari Jualan di Rumah

Makanan —Sabtu, 20 Maret 2021 10:30 WIB
Editor: Rijal
    Bagikan:  
Minang In Wrap, Nasi Padang Bungkus Tortilla Sudah Buka Dua Cabang dari Jualan di Rumah
Outlet dan Proses Pembuatan Menu In Wrap. (Cr07)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Nasi padang berbungkus tortilla bernama Minang In wrap bermula dari bisnis kecil tanpa modal.

Derryansyah dan kawan-kawannya merintis pertama kali dengan membuka outlet di salah satu bazar TK terdekat yang kebetulan saat itu sedang ada acara.

Keuntungan yang didapatkan dari hasil tersebut ternyata luamayan. Akhirnya keempat sekawan ini dengan modal nekat memulai berjualan di rumah salah satu dari mereka.

Tidak langsung masak sendiri, mereka bekerja sama dengan restoran nasi padang terdekat untuk mendukug bisnisnya. Pria Minang tersebut bahkan mengaku mereka berhutang per harinya ke restoran tersebut.

“Jadi tuh awalanya kita modal nekat, enggak ada modal. Cuma pake kompor sama ngutang ke restoran padang langganan dulu. Jadi kita ngambil sekarang bayar nanti. Ternyata balik modalnya langsung banyak. Abis dari situ keuntungannya langsung kita beli-beli sampai akhirnya bisnisnya muter,"

Ia megaku proses hutang-piutang dengan restoran padang dekat rumah ini berjalan selama 3 bulan lamanya. Semula sehari langsung bayar hingga ditempo seminggu sekali. Lantas Derry akhirnya mencetuskan untuk membuka outlet sendiri karena bisnisnya sudah bergerak lancar namun manajemennya terkesan kurang sehat.

BACA JUGA: Minang In Wrap Sajikan Nasi Padang Dibungkus Tortilla Layaknya Fast Food Kekinian

“Tiga bulan di rumah, terus saya ajak sewa, kita bangun lah itu. Karena gak enak sama teman saya juga yang rumahnya dipakai. semuanya tadinya gak ada yang mau, gak ada yang berani ngeluarin modal untuk keluar. modal di rumah nebeng, makanan ngutang, nasi suka ngambil dari rumahnya dia, kasihan, dan saya lihat itu enggak sehat. makanya keluar, coba sendiri," ungkapnya.

Dengan beragam pertimbangan dan diskusi mereka pun memutuskan pindah outlet pertama mereka di daerah Cipete. Awal Minang In Wrap ini banyak dikenal, sempat mendapat banyak cemooh orang.

Salah satu yang paling viral adalah salah satu influencer luar negeri yang tinggal di Indonesia mengomentari ide revolusioner membungkus nasi pandang dengan tortilla. Hal ini dianggap aneh.

"Minang In Wrap dipandang sebelah mata. Hingga ada satu pelanggan warganet Indonesia yang datang dan mencoba menu kita dan membalas thread tersebut, menyebutkan bahwa makanan kita enak. Dan akhirnya mendapat banyak dukungan dari respon positif dari warganet lainnya," ungkap pria 26 tahun itu.

Namun setelah berjalan dua bulan setelah kepindahan tersebut, konflik manajemen tak terhindarkan. Mulai terjadi konflik internal dan Deery sempat memutuskan keluar dari Minang in Wrap. Menurutnya saat itu ada Perbedaan visi terkait jalannya bisnis ini dan ketiga temannya yang melanjutkan. sepeninggalannya sempat dibuka 2 franchise.

Dikerenakan manajemen belum bagus, kondisi internal Minang In Wrap dapat dikatakan berantakan. Setahun setelahnya keempat sekawan ini berkumpul kembali dan Derry memutuskan untuk mengambil alih kembali Kedai ini dan terjadilah reshuffle.

"Dan abang saya dari dulu memang tertarik dengan Minang In Wrap terus join saya ajak join. Saya ajak teman saya juga namanya Akbar dan kakak ipar saya. Semua manajemennya juga berubah total," katanya.

[page-pagination]

Dua franchise yang dibuka akhirnya ditutup dan Derry memilih untuk menggeluti bisnis secara perlahan. Alih-alih franchise Ia lebih suka tipe bisnis bekerja sama dengan investor. Menurutnya bekerja sama dengan sistem bagi hasil dengan investor jauh lebih aman. Franchise dianggap terlalu riskan untuk bisnis yang belum stabil.

“Kalo misalnya sharing profit dengan investor di satu titik. Kalau saya lebih okay kayak gitu daripada franchise, soalnya kalo franchise ada kemungkinan rugi kan. Ini tuh makanan paling gampang ditiru. ini tuh restoran padang sini, bisa aja pakai tortilla bikin kaya gini," terang Derry.

Sewaktu kedai Minang In Wrap masih kecil, Derry mengungkapkan mereka bisa menjual produknya hingga 500 porsi sebulan. Namun sekarang bisa berlipat hingga 3 kali dengan menjual 1300 bungkus dalam sebulan. Angka ini dianggap sudah aman setelah melewati banyak drama terkait awal bisnis yang baru saja Ia pegang kembali setelah hampir sempat collapse beberapa saat. Pula ditengah pandemi yang tak berkesudahan ini.

“Dulu paling sebulan paling 500 porsi sekarang ya paling 1300 per bulan, tapi itu sudah lumayan sehat untuk bisnis yang baru saya pegang lagi dan rombak manajemen,"

Kini Minang In Wrap sudah memiliki 2 outlet yang resmi dibuka. Outlet utama ada di Pasar Santa Modern, Jl. Cisanggiri II, RT.5/RW.4, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dan outlet keduanya yang baru saja resmi dibuka pada Kamis (18/3) lalu di Jl. Cipete Raya No.11a, Cipete Selatan., Cilandak, Jakarta Selatan. Untuk harga disesuaikan dengan varian yang dipesan yakni sekitar Rp28000 - Rp40000. (Cr07/krj)

RESEP

Untuk Kamu yang mau mencoba Minang In Wrap di rumah tapi belum ada outlet terdekat. Kamu boleh langsung beli roti tortilla dan masukan seluruh isian nasi padang pada umumnya yakni rendang atau ayam gulai. Berikut resep rendang dan ayam gulai untuk membantu aksi cicip menu Minang In Wrap di rumah.

Resep Rendang

Bahan-bahan
1 kg Daging sapi
3 buah kelapa(diolah jadi santan)
Bahan-bahan yang dihaluskan
2 ons Cabe merah
2 ons bawang merah
7 siung bawang putih
1 ons lengkuas
1/2 ons jahe

Rempah - rempah

2 sdt ketumbar halus
2 buah pala di haluskan
1 kayu manis
6 buah kapulaga & 6 buah bunga lawang
2 batang serai di geprek
2 lembar daun kunyit
4 lembar daun jeruk
Garam

Langkah
1. Haluskan semua bahan secara terpisah menggunakan blender
2. Masukkan santan ke dalam kuali beserta bumbu yang sudah di haluskan, aduk merata
3. Tambahkan semua rempah - rempah
4. Kemudian masukkan daging yang sudah di potong-potong, aduk perlahan
5. Diaduk terus sampai santan berkurang, tambahkan garam sesuai selera
6. Aduk lagi dengan api kecil hingga santan mengering dan daging empuk

Resep Ayam Gulai Padang

Bahan-bahan
1/2 kg ayam
1 bh jeruk nipis
2 btg serai, memarkan
3 lbr daun jeruk
1 sch santan instan
600 ml air (secukupnya)
1 1/2 sdm garam
1 1/2 sdt kaldu jamur
1 sdm gula pasir
3 sdm minyak goreng, untuk menumis

Bumbu halus:
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 btr kemiri sangrai
1 bh cabe merah besar
1/2 sdt ketumbar sangrai
1 sdt jinten sangrai
1 ruas jahe
2 ruas kunyit

Langkah
1. Cuci bersih ayam, lalu kucuri air jeruk nipis, diamkan 10 m3nit, bilas sampai bersih.
2. Haluskan bumbu halus.
3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk sampai harum dan matang. Masukkan ayam.
4. Tambahkan air secukupnya, beri garam, gula, dan kaldu jamur. Aduk² sampai merata dan masak sampai ayam matang, empuk dan bumbu meresap.
5. Terakhir masukkan santan instan atau santan asli, aduk rata, tunggu mendidih
6. Koreksi rasa. 

Editor: Rijal
    Bagikan:  

Berita Terkait