Tiga Bibit Siklon Tropis Terdeteksi, Warga Banten Diminta Waspada Potensi Gelombang Tinggi 6 Meter

Senin, 6 Februari 2023 10:51 WIB

Share
Ilustrasi Gelombang Tinggi (PIXABAY/PDPHotos)
Ilustrasi Gelombang Tinggi (PIXABAY/PDPHotos)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Tiga bibit silikon tropis terdeteksi di wilayah Indonesia. Banten menjadi salah satu daerah yang berpotensi terdampak dengan cuaca ekstrem.

Kondisi ini bakal menyebabkan intensitas hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi selama sepekan kedepan mulai 6 Frbruari hingga 12 Februari 2023.

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Serang, Tarjono mengatakan, bibit siklon tropis 94S yang terpantau berada di Samudra Hindia sebelah barat daya Bengkulu, dengan kecepatan angin maksimum 30 knot, dan tekanan udara minimum 1000.2 mb. 

Sistem ini bergerak ke arah timur tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori sedang.

Kedua, Bibit Siklon Tropis 95S yang terpantau berada di Samudra Hindia sebelah Selatan Banten dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1004.2 mb. 

Sistem ini bergerak ke arah Barat dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori rendah. 

Dan ketiga, Bibit Siklon Tropis 97S yang terpantau berada di Samudra Hindia Selatan NTB dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1002.8 mb. 

"Sistem ini bergerak ke arah tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori rendah," katanya.

Ia menyebutkan, berdasarkan prakiraan berbasis dampak, wilayah dengan potensi siaga potensi dampak hujan lebat periode tanggal 6 samlai 7 Februari 2023 perlu diwaspadai di sebagian wilayah Banten.

"Kondisi cuaca periode sepekan periode tanggal 6 sampai 12 Februari 2023 perlu diwaspadai potensi hujan sedang sampai lebat di wilayah Banten," ucapnya.

Halaman
Reporter: Bilal Hardiansyah
Editor: Bilal Hardiansyah
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler