Waspada! Fenomena Bulan Purnama, Gelombang di Pesisir Banten Berpotensi Capai 6 Meter

Rabu, 1 Februari 2023 12:25 WIB

Share
Ilustrasi Gelombang Tinggi (PIXABAY/PDPHotos)
Ilustrasi Gelombang Tinggi (PIXABAY/PDPHotos)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya gelombang tinggi di pesisir Banten yang ketinggiannya bisa mencapai 4 meter hingga 6 meter.

Hal itu dampak adanya fenomena fase bulan purnama pada tanggal 05 Februari 2023, yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. 

“Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, serta peningkatan ketinggian gelombang mencapai 4,0-6,0 meter di perairan selatan Jawa hingga NTT,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Serang, Tarjono, Rabu (1/2/2023).

Menurut Tarjono, potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda waktu di setiap wilayah. Secara umum, gelombang tinggi ini akan berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. 

“Aktivitas yang terganggu bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” ungkapnya.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar waspada dan selalu memperhatikan informasi cuaca dari BMKG.

“Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” ujarnya.

Selain di Banten, gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Kep. Riau, Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Tegal, Pesisir selatan Jawa Tengah, Pesisir Jawa Timur.

Kemudian, Pesisir Nusa Tenggara Timur, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Sulawesi Selatan, Pesisir P. Selayar, Pesisir Maluku Utara, Pesisir Maluku, dan Pesisir Papua Selatan. (Bilal)

Reporter: Bilal Hardiansyah
Editor: Bilal Hardiansyah
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler