Bupati Serang Launching Pelayanan Desa Berbasis Digital

Kamis, 19 Januari 2023 20:18 WIB

Share
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat memberikan keterangan pers usai launching pelayanan desa berbasis digital. (ist)
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat memberikan keterangan pers usai launching pelayanan desa berbasis digital. (ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah resmi melakukan Launching Pelayanan Desa Berbasis Digital di Aula Tb Suwandi, Pemkab Serang, Kamis (19/01/2023). 

Bertahap, seluruh desa akan didorong untuk mampu melakukan pengelolaan keuangan dan pelayanan dengan memanfaatkan digitalisasi. 

Bupati Tatu mengatakan, dari 326 desa di Kabupaten Serang, sebanyak 151 desa sudah terpasang Wireless Fidelity (WiFi), sebagai jaringan nirkabel/internet. Kemudian yang sudang aktif dan efektif melakukan pelayanan digital sebanyak 47 desa. 

Menurut Tatu, Digitalisasi desa memiliki manfaat yang sangat besar, baik bagi aparat desa maupun masyarakat. Pelayanan surat menyurat tidak perlu lagi datang ke kantor desa, cukup dilakukan dari rumah melalui smartphone atau handphone berbasis internet.  "Jadi memudahkan kinerja aparat desa dan lebih efisien," jelasnya.

 

Bagi masyarakat yang belum sepenuhnya paham dan mengerti terkait pelayanan berbasis digital ini, bisa dibantu oleh aparat desa yang sudah dibekali pengetahuan dan kemampuan soal desa digital.

Selain itu, desa digital juga menghimpun data-data tentang potensi desa seperti UMKM, keorganisasian di desa, wisata, dan data penting lainnya yang tersimpan dengan aman.

"Jadi kalau ada musibah banjir atau kebakaran, data-data penting itu tidak hilang," ujar Tatu. 

Tatu juga meminta para camat untuk aktif memotivasi para kepala desa untuk menerapkan pelayanan berbasis digital. "Peran camat sangat dibutuhkan untuk mendorong para kades agar segera mengaktifkan website desa," kata Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten ini. 

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar