Catat Nih ! Plt Kepala DLH Kota Cilegon Sebut Kota Cilegon Masih Kekurangan Sampah

Jumat, 23 September 2022 17:19 WIB

Share
Area pengolahan sampah menjadi BBJP di TPSA Bagendung, Kota Cilegon. (ist)
Area pengolahan sampah menjadi BBJP di TPSA Bagendung, Kota Cilegon. (ist)

CILEGON, POSKOTA.CO.ID - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Aziz Setia Ade Putra mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon masih kekurangan sampah untuk diolah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP).

Dikatakan Aziz, Pemkot Cilegon telah bekerjasama pemanfaatan sampah untuk energi listrik dengan PT Indonesia Power.

Dijelaskan Aziz, produksi sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung akan menjadi bahan baku pembuatan BBJP.

BBJP sendiri merupakan produk yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pendamping batu bara untuk menghasilkan energi listrik. 

 

"Saat ini area pengolah sampah menjadi BBJP berkapasitas 30 ton per hari masih tahap pembangunan dan diharapkan Oktober 2022 nanti bisa segera digunakan," ujar Aziz kepada wartawan, Jumat (23/9/2022).

Untuk memenuhi kebutuhan plant BBJP, dibutuhkan 10 kali lipat sampah dari kapasitas mesin. Artinya dalam satu hari dibutuhkan hingga 300 ton sampah untuk produksi BBJP.

"Memang persyaratannya minimal sampah yang di Cilegon harus 300 ton per hari. Nah kalau dihitung rata-rata yang masuk ke TPSA Bagendung di luar sampah dari Kabupaten Serang itu baru 260 ton per hari, sehingga kita masih butuh sampah lagi," ujar Aziz.

Atas dasar itu lah, lanjut Aziz, Pemkot Cilegon mempertimbangkan tawaran kerjasama pengolahan sampah dari Kabupaten Serang.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler