32 Berkas Bukti Diserahkan Tim Kuasa Hukum Jimmy Lie

Jumat, 24 Juni 2022 21:24 WIB

Share
32 Berkas Bukti Diserahkan Tim Kuasa Hukum Jimmy Lie
Sidang Pra Peradilan Jimmy Lie di PN Tangerang. (Iqbal)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Tim Kuasa Hukum Jimmy Lie menyerahkan 32 berkas bukti dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Tangerang. Penyerahan tersebut dilakukan saat mendengar kesaksian ahli dari termohon. 

Untuk diketahui persidangan Pra Peradilan ini digelar PN Tangerang menyusul adanya penahanan dan penetapkan Jimmy Lie sebagai tersangka atas dugaan kasus penggunaan KTP milik salah seorang warga, 

Sidang yang dimulai pukul 15:40 ini dihadiri Bidang Hukum (Bidkum) Polda Metro Jaya dan tim kuasa hukum Jimmy Lie. 

"Pemohon mengajukan 32 berkas bukti dan termohon mengajukan saksi ahli satu orang," sebut Majelis Hakim Rustiyono. 

 

Kemudian sidang digelar dengan mendengarkan keterangan saksi ahli Dr Warasman Marbun menyebut Pra Peradilan yang digelar ini bertujuan untuk menguji aspek formil bukan materil. 

"Praperadilan hanya menguji aspek formil bukan materil. Misal surat perintah penahanan, apakah dikirimkan ke keluarganya agar tahu keluarganya," ujarnya. 

Selain itu dalam penetapan tersangka, lanjut Marbun, pihak Kepolisian juga harus menyertakan minimal dua alat bukti yang sah. 

 

"Harus ada bukti yang cukup harus dimaknai minimal 2 alat bukti beserta barang bukti. Kalau itu tidak terpenuhi maka tidak bisa menetapkan tersangka dan harus ada mekanisme gelar perkara," sebutnya. 

Halaman
Reporter: Rahmat Haryono
Editor: Rahmat Haryono
Contributor: Muhammad Iqbal
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar