Remote Control Jadi Modus Pengurangan Takaran BBM di SPBU Gorda

Rabu, 22 Juni 2022 16:10 WIB

Share
Remote Control Jadi Modus Pengurangan Takaran BBM di SPBU Gorda
Kasubdit Indag Kompol Condro Sasongko saat memberikan keterangan pers di Mapolda Banten. (haryono)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Personil Subdit Industri dan Perdagangan (Indag) Ditreskrimsus Polda Banten berhasil membongkar kecurangan takaran perdagangan bahan bakar minyak di SPBU Gorda Nomor : 34-42117, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang.

Dalam pengungkapan tersebut penyidik Subdit Indag telah menetapkan 2 orang tersangka dengan peran yang berbeda. Tersangka BP (68), berperan sebagai manager SPBU dan FT (61), berperan sebagai pemilik tempat usaha SPBU.

Bagaimana modus operandi para pelaku dalam mengurangi literasi BBM ?

Kasubdit Indag Kompol Condro Sasongko menjelaskan modus operandi kecurangan perdagangan SPBU dengan menempatkan papan sirkuit yang telah dibuat sedemikian rupa oleh oknum di SPBU pada setiap dispenser.

 

Alat ini dipasang oleh ahli mekanik dan elektrikal SPBU yang saat ini masih dalam pendalaman.

"Jadi ada komponen papan sirkuit elektrikal yang dimasukan dalam panel data di dispenser BBM yang dapat dikendalikan jarak jauh menggunakan remote control," ujarnya.

Dengan menggunakan remote control tersebut para pelaku melakukan pengurangan takaran, sehingga jumlah antara literasi dengan jumlah uang yang dibayarkan berbeda.

 

"Berdasarkan hasil keterangan ahli terdapat selisih antara 0,5 liter sampai 1 liter per 20 liter. Kecurangan ini sudah dilakukan sejak 2016," kata Condro Sasongko.

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar