Mau Selundupkan Ribuan Benur, 3 Kurir Asal Lebak Diciduk Tim Serigala Satreskrim Polres Lebak

Kamis, 26 Mei 2022 12:07 WIB

Share
Polres Lebak mengamankan ribuan ekor benur yang akan diselundupkan ke luar daerah (ist)
Polres Lebak mengamankan ribuan ekor benur yang akan diselundupkan ke luar daerah (ist)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Tim Serigala Satreskrim Polres Lebak mengamankan 3 orang warga Lebak yakni GH (19), DH (18) , dan H (43). Mereka diamankan karena diketahui berperan sebagai kurir dan ingin menyelundupkan ribuan ekor benih bening lobster alias benur di wilayah Kecamatan Bayah.

Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan mengatakan, ketiganya diciduk oleh tim Serigala di Kecamatan Bayah, Kabupaten  Lebak pada Minggu (22/5/2022).

Mereka diamankan sebagai sanksi atas laporan dugaan penyelundupan benur dari wilayah Lebak yang rencananya di kirim ke luar daerah.

"Ketiga orang itu kita amankan sebagai saksi, Kita minta mereka keterangan, karena mereka sendiri diketahui hanya bertugas sebagai kurir yang mempacking dan mengantar benur dari Bayah ke luar daerah,"kata Kapolres Lebak, Kamis (26/5/2022).

Kapolres menerangkan, dari tangan ketiga orang kurir itu pihaknya berhasil menyelamatkan dan mengamankan 1.684 benur senilai Rp16 juta yang rencananya akan di kirim ke luar daerah.

"Benur ini berasal dari wilayah Bayah, yang mana sebelum dikirim ke daerah tujuan. Ribuan benur ini transit atau dipindahkan terlebih dahulu ke salah satu rumah warga di Kecamatan Wanasalam,"terangnya.

"Benur hasil sitaan kita serahkan ke BKIPM untuk dilepaskan dan beberapa diamankan oleh petugas untuk barang bukti,"tambahnya.

Kasatreskrim Polres Lebak, AKP Indik Rusmono menambahkan, ribuan ekor benur itu terdiri dari dua jenis yakni 1.656 benur jenis pasir dan 28 jenis mutiara. Yang mana untuk jenis pasir satu ekor benurnya dihargai Rp10 ribu, dan jenis mutiara seharga Rp12 ribu.

Kata Indik, pihaknya saat ini tengah memburu Bos penyelundup benur yang saat ini masuk dalam Daftar pencarian orang (DPO).

"Kita akan terus kembangkan kasus ini, kita akan kejar bos benur yang saat ini identitasnya sudah kita kantongi," pungkasnya.

Halaman
Reporter: Yusuf Permana
Editor: Yusuf Permana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler