Tuntutan ke Jokowi Sama, BEM UI Menolak Gabung Aksi BEM SI Demo Istana Negara 

Minggu, 10 April 2022 13:04 WIB

Share
Tuntutan ke Jokowi Sama, BEM UI Menolak Gabung Aksi BEM SI Demo Istana Negara 
Aksi demonstrasi mahasiswa yang berencana menggeruduk istana.(Foto: Instagram/@blokpolitikpelajar)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), bakal menggelar aksi unjuk rasa di sekitaran area Istana Negara, Jakarta Pusat pada Senin (11/4/2022) esok hari.

Dalam aksi tersebut, mereka membawa sejumlah tuntutan, salah satunya adalah mendesak dan menuntut Presiden Joko Widodo untuk bersikap tegas menolak dan memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan Pemilu atau wacana pertambahan masa jabatan.

"Untuk aksi esok, ada sekitar 1000 mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia yang bakal bergabung," kata Koordinator Media BEM SI, Luthfi Yufrizal saat dihubungi Poskota.co.id Minggu (10/4/2022).

Luthfi mengungkapkan, pada aksi esok hari, pihaknya tak akan melibatkan unsur gerakan lainnya, seperti buruh, tani, dan sebagainya.

"Aksinya hanya mahasiswa saja, mungkin yang lain akan menggelar di tempat berbeda atau dalam waktu yang tidak sama dengan kita," ujar dia.

"Jadi aksi esok adalah aksi damai, jadi kami mohon kepada aparat yang berjaga untuk tidak melakukan tindakan pengamanan yang berlebihan," sambung Luthfi.

Sementara itu, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI), disebut tidak akan turut serta dalam berunjuk rasa bersama BEM SI esok, kendati mereka memiliki tuntutan yang sama, yakni menuntut Presiden bersikap tegas dalam menolak penundaan pemilu dan pengkhianatan akan konstitusi.

"(Soal keikutsertaan) akan kami sampaikan dalam konferensi pers nanti siang, Bang," kata Ketua BEM UI, Bayu Satria Utomo saat dikonfirmasi Poskota.co.id Minggu (10/4/2022).

Untuk diketahui, BEM SI mengajak aliansi mahasiswa lain serta BEM semua universitas untuk bergabung dalam aksi unjuk rasa hari Senin, 11 April mendatang. Ajakan tersebut diinformasikan BEM SI melalui akun media sosial Instagram @bem_si.

"Aliansi BEM Seluruh Indonesia bersama Aliansi BEM PTMI akan membuat gerakan, sebagaimana jawaban dari H+14 sejak hari yang telah dijanjikan oleh pak Jokowi menjawab 6 tuntutan rakyat terbilang 11 April mendatang," tulis akun instagram @bem_si.

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar