30 Tahun Jatuh Bangun Jualan Mie Ayam, Kini Penghasilan Suyamto Rp 600 Ribu Per Hari

Kamis, 17 Maret 2022 17:02 WIB

Share
Suyamto, penjual mie ayam keliling kelahiran 1965 itu sudah mulai berjualan sejak masa remaja atau sekitar tahun 1990an.(Foto: Luthfillah)
Suyamto, penjual mie ayam keliling kelahiran 1965 itu sudah mulai berjualan sejak masa remaja atau sekitar tahun 1990an.(Foto: Luthfillah)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Bagi sebagian orang, strategi berdagang itu harus melihat momentum supaya barang yang dijajakannya laku terjual habis, karena banyak dicari pembeli. 

Namun bagi sebagian lainnya, teori itu tidak bisa diterapkan. karena berdagang dalam jangka panjang membutuhkan pelanggan setiap harinya. Oleh karena itu, untuk menarik pelanggan, dibutuhkan konsistensi pada jenis usaha yang dijalaninya. 

Salah satu yang menerapkan teori itu adalah Suyamto. Penjual mie ayam keliling kelahiran 1965 itu sudah mulai berjualan sejak masa remaja atau sekitar tahun 1990an.

Lahir dari keluarga kurang mampu di Solo, Suyamto mengadu nasib di perantauan ikut bersama saudaranya berjualan mie ayam. Hidup di perantauan membuat jiwa kemandirian Suyamto tumbuh kuat. 

Hal itu terbukti setelah dua minggu ikut berjualan bersama saudaranya, ia memberanikan diri untuk berjualan mie ayam secara mandiri. Dengan modal yang sangat minim hasil upah membantu saudaranya berjualan, ia mulai berdagang. 

"Waktu itu saya cuma beli barang-barangnya aja. Karena gerobaknya dipinjamkan dari bos mie langganan," ujarnya kepada Poskota.co.id, Kamis (17/3/2022). 

Pada tahun pertama berjualan, harga mie ayam satu porsi kala itu hanya Rp 200 perak. Karena memang kondisinya kala itu sedang susah karena krisis, ada juga yang membeli setengahnya, Rp 100 perak. 

"Dalam sehari biasanya habis sekitar 50 mangkok kalau gak salah waktu itu," ceritanya. 

Suyamto mulai keliling sejak pukul 08.00 WIB di sekitar wilayah Ciceri, perhotelan, perumahan sampai ke terminal dan pusat keramaian lainnya.

 "Kalau sore biasanya saya ke Patung, di sana kan banyak penumpang bus yang turun. Itu sampe malam, baru pulang," ujarnya. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler