Invasi Rusia, ini Dampaknya Terhadap Hubungan Bilateral Ukraina-Indonesia 

Kamis, 24 Februari 2022 20:38 WIB

Share
Peta Ukraina.(Sumber: BBC)
Peta Ukraina.(Sumber: BBC)

JAKARTAPOSKOTA.CO.ID - Ukraina merupakan negara yang begitu dekat dengan Indonesia. Keduanya  memiliki hubungan bilateral yang begitu bagus.

Total perdagangan kedua negara di tahun 2021 mencapai 1,45 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

"Di tahun 2021 total perdagangan Indonesia-Ukraina mencapai  1,45 miliar dolar AS, " terang Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah yang dihubungi di Jakarta, Kamis sore (24/2/2022).

Fais panggilan akrabnya mengatakan, karena itu serangan Rusia terhadap Ukraina dampaknya dapat dirasakan terganggunya pada perdagangan kedua negara.

"Selain itu,  import produk-produk gandum dari Ukraina juga akan terganggu dengan adanya serangan tersebut," ujar Fais.

Pesiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (23/2/2022) mendeklarasikan perang dengan Ukraina.

Menurut laporan dari New York Post Putin mengeklaim Rusia sedang melakukan operasi militer khusus untuk mendemiliterisasi Ukraina.

Serangan itu terjadi setelah pidato Putin di televisi yang ditayangkan sebelum pukul 6 pagi waktu setempat.

Suara ledakan terdengar di Kramatorsk, Ukraina, diikuti laporan suara ledakan atau tembakan artileri di Kharkiv, Odessa, Mariupol dan ibu kota Kiev. Semuanya kota besar di Ukraina.

Putin mengatakan, Rusia tidak berniat menduduki Ukraina dan menyalahkan pemerintah negara tetangganya itu atas potensi pertumpahan darah.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler