Vaksinasi di Lebak Masih Rendah, Bupati Ngeluh Kurangnya Nakes Hingga Jangkauan Wilayah yang Sulit 

Jumat, 24 September 2021 20:41 WIB

Share
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. (Foto: Yusuf Permana)

LEBAK,  POSKOTA.CO.ID - Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten  Lebak masih rendah.  Hingga pertanggal 23 September 2021 kemarin,  capaian vaksin yang dilakukan di Bumi Multatuli itu baru mencapai 196.280 orang atau sekitar 18.43 persen.

Capaian vaksinasi yang rendah itu sempat menjadi sorotan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya pun mengakui capaian yang  masih rendah itu. Menurutnya, capaian yang masih rendah itu disebabkan oleh berbagai kendala yang dihadapi oleh pihaknya. 

Kendala-kedala itu mulai dari kurangnya tenaga kesehatan (nakes), hingga topology  wilayah yang sulit dijangkau. 

"Capaian vaksinasi kita baru 18 persen.  Terdapat beberapa kendala yang menyebabkan rendahnya vaksinasi,  yang pertama di Lebak ini kan secara topografi kan memang susah, kemudian juga nakes di kita masih kurang," katanya saat ditemui di Pendopo Bupati Lebak, Jumat (24/9/2021).

Menurutnya,  pembukaan Calan Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  belum dapat mengatasi kendala kurangnya nakes di Lebak. 

Iti mengatakan, lebih dibutuhkan penambahan dokter dan penyuluh kesehatan untuk membantu menyukseskan vaksinasi di setiap pelosok daerah di Kabupaten Lebak. 

"Pembukaan CPNS juga sepi. Karena mereka tidak tahu akan ditempatkan di mana. Mengingat,  topology  Kabupaten  Lebak yang sulit ini. Dan beberapa waktu yang lalu kita juga sudah buka relawan Covid-19, namun itu juga sepi, " katanya.

Namun demikian,  pihaknya akan terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten  Lebak dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.  

"Ikhtiar akan terus kita maksimalkan dengan cara mengajak para tokoh masyarakat atau tokoh agama untuk turut serta dalam menyukseskan program yang bertujuan membentuk herd imunity ini, " pungkasnya. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler