Ditolak Warga, BBWSC3 Tetap Lanjutkan Pembangunan Long Storage Kalimati Ciujung

Rabu, 15 September 2021 16:05 WIB

Share
Asda I, Nanang Supriatna saat rapat kordinasi dengan BBWSC3 terkait pembangunan long storage. (ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Meski terjadi penolakan dari sebagian masyarakat, Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung dan Cidurian (BBWSC3) memastikan akan terus melanjutkan pembangunan long storage Kalimati Ciujung. 

BBWSC3 menilai pembangunan long storage sangat bermanfaat untuk suplai air baku bagi masyarakat. 

Kepala BBWSC3, I Ketut Jayada mengatakan, long storage itu nantinya akan menampung air terutama saat musim hujan untuk nantinya disuplai pada musim kemarau.

Karena seperti diketahui, kata dia daerah utara itu sangat kesulitan air. 

"Jadi kami bertekad melanjutkan terus pembangunan long storage karena ini merupakan aspirasi dari ibu Bupati," kata I Ketut Jayada kepada wartawan usai rapat koordinasi Setda Kabupaten Serang, Rabu (15/9/2022).

Terkait adanya warga yang menolak, kata dia pihaknya akan terus berupaya menjelaskan kepada masyarakat bahwa proyek tersebut sangat bermanfaat. 

"Sebenarnya sudah saya sampaikan pengertiannya sodetan ini merupakan suatu intake yang ada pintu airnya. Sehingga air tidak bisa seenaknya masuk ke dalam long storage, ada tiga pintu yang mengontrol," tuturnya. 

Ia pun menegaskan pihaknya tidak akan memasukan air dari Ciujung jika kualitas air di Ciujung jelek. Menurutnya, air akan dimasukan ke long storage jika kondisinya bagus seperti pada saat musim hujan.

"Kalau pada saat musim kemarau kan jelas kondisinya, kita tidak akan masukan, kita mempergunakan simpanan yang ada," ujarnya. 

Ia menjelaskan proses pembangunan long storage dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama dilaksanakan di 2019 dan sekarang tahap ke dua.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler