Tahun Depan Pajak IMB Berubah jadi PBG, Pemkot Serang Kehilangan 7,5 Miliar dari PAD 

Jumat, 10 September 2021 20:29 WIB

Share
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bappeda) Kota Serang, W Hari Pamungkas (Foto : Luthfillah)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Pemkot Serang hampir dipastikan akan kehilangan banyak pendapatan daerah dari sektor pajak Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk tahun 2022 yang sekarang berubah menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). 

Pada rancangan anggaran tahun 2022, Pemkot Serang memproyeksikan pendapatan dari sektor ini sebesar Rp 7,5 miliar. Padahal sebelumnya, capaian dari sektor ini bisa mencapai Rp15 miliar.

"Jadi hampir hilang setengahnya dengan perubahan ini," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bappeda) Kota Serang, W Hari Pamungkas, Kamis kemarin.

Menurut Hari, tahun 2022 merupakan masa transisi dari peralihan nama serta pengalihan pengelolaannya. Kalau dulu izin itu berada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) beralih ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Serang.

"Regulasi baru, rumus perhitungannya juga baru, sehingga terjadi penurunan target," ungkapnya.

Diakui Hari, dalam setiap tahunnya, sektor ini merupakan salah satu PAD unggulan Pemkot Serang. Namun untuk tahun pertama pemberlakuan ini, pihaknya belum berani menargetkan tinggi.

"Untuk mensiasati target PAD bisa tercapai, tentu kami akan mengoptimalkan sektor pajak daerah lainnya. Terutama yang tidak terdampak oleh pandemi," ucapnya.

Selain itu, Hari juga meminta masukan dari dewan terkait pendataan potensi pajak baru yang bisa digali dan dioptimalkan. "Berapa WP yang baru serta yang sudah tutup itu kan harus terdata," pungkasnya.

(Luthfillah) 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler