Sehari Biasa Dapat Omset Sejuta, Selama PPKM Darurat Makan pun Sepiring Berdua 

Kamis, 22 Juli 2021 18:07 WIB

Share
Pedagang di Jalan Iko Jatmiko Rangkasbitung harus merana lantaran omset jualan anjlok sejak pemberlakuan PPKM Darurat. (Foto: Yusuf Permana)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Kabupaten Lebak secara resmi telah memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 25 Juli 2021.

Kebijakan tersebut dilakukan guna menekan angka penyebaran Covid-19 di Bumi Multatuli yang kini berada di zona orange dengan tingkat risiko tinggi penyebaran Covid-19.


Namun, kebijakan tersebut menimbulkan polemik. Sebab, di masa PPKM Darurat  membatasi seluruh kegiatan masyarakat. Sektor ekonomi pun merosot. Dan itu dirasakan langsung oleh para pedagang kecil di Kabupaten Lebak.

Eriwati (30), salah seorang pedagang es teh manisdi depan Rumah Sakit Umum Daerah Adjidarmo Rangkasbitung, tepatnya di jalan Iko Jatmiko Rangkasbitung, Kabupaten Lebak mengaku dalam sehari hanya mampu mendapatkan penghasilan sebesar Rp100.000 sampai Rp 200.000 saja perharinya.

Jumlah tersebut anjlok, bahkan hingga 80 persen. Karena sebelum adanya penerapan PPKM Darurat dirinya bisa mendapatkan omset hingga  Rp.500.000 sampai Rp 1.000.000 perharinya.

"Saya nyerah kalau PPKM Darurat ini diperpanjang, omset anjlok parah," kata Eriwati kepada wartawan, Kamis (22/7/2021).

Bahkan dirinya mengibarkan bendera putih di gerobak dagangannya sebagai bentuk menyerah dengan keadaan  saat ini yang menimpa dirinya dan pedagang lain.

Sepinya pembeli telah membuat dirinya merugi. Bahkan, dirinya terpaksa makan sepiring berdua dengan suami.  Hal tersebut lantaran dirinya bersama dengan suami harus menanggung biaya kehidupan sehari-hari dan sang anak yang saat ini sedang sekolah.

" Ya allah sekarang aja udah sulit ditambah sulit lagi. Sekarang saya sama suami  makan sepiring berdua, karena tidak mampu menutup biaya dagangan yang merugi," katanya.

Ia pun berharap agar pemerintah Kabupaten Lebak dapat mempertimbangkan kembali perpanjangan PPKM di Lebak. Dan memberikan bantuan kepada dirinya dan para pedagang kecil lainnya yang terdampak dari PPKM Darurat itu.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler