Orang Kaya Tak Mau Berkurban, Mahfud MD: Shalatnya Tidak Bermanfaat

Selasa, 20 Juli 2021 15:23 WIB

Share
Mahfud MD bahas soal kurban bagi yang mampu. (Rizal Siregar)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengingatkan  umat Islam, yang memiliki harta untuk melaksanakan ibadah Kurban di Hari Raya Idul Adha 1442 H  tahun ini.

Peringatan  ini disampaikan Mahfud MD  dengan mengutip sabda  Nabi Muhammad SAW tentang kewajiban melaksanakan kurban.

"Marilah bagi yang mampu kita memberikan atau menyerahkan hewan kurban karena kata Nabi barang siapa yang mempunyai kesempatan atau peluang atau kelonggaran untuk berkurban tapi tidak mau berkurban maka jangan dekat-dekat ke tempat salat kami," kata Mahfud dalam keterangan video, Selasa (20/7/2021).

Mahfud menjelaskan, jika ada seseorang yang memiliki harta berlebih tapi enggan melaksanakan kurban maka shalat yang dikerjakannya sedikit manfaatnya.

"Maksudnya kalau orang punya kesempatan atau punya harta untuk berkurban tapi kok tidak mau berkurban itu berarti shalatnya kira-kira tidak banyak manfaatnya," tuturnya.

Dia menegaskan,  ibadah kurban bukanlah sebuah kewajiban, melainkan sunnah muakkad yang berarti amat dianjurkan. Oleh sebab itu, dirinya mengajak masyarakat untuk berkurban demi kebaikan bersama.

"Artinya sangat dianjurkan. Mari berkurban untuk kebaikan masyarakat kita dan untuk membantu kaum dhuafa," tegasnya.
(Rizal Siregar)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler