Dibisikin WHO Ada Varian Baru Selain Delta, Jokowi Instruksikan Bangun Rumah Isolasi Tingkat Kelurahan

Selasa, 20 Juli 2021 19:48 WIB

Share
Presiden Joko Widodo saat memberikan instruksi ke seluruh kepala daerah dari istana Bogor mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 varian baru. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo mengingatkan para kepala daerah untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 agar menyiapkan tempat - tempat isolasi dan rumah sakit cadangan di daerah.

Instruksi tersebut disampaikan Jokowi dalam pengarahannya  kepada kepala daerah se-Indonesia yang dilakukan melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (19/7/2021).

Presiden mengungkapkan bahwa akhir pandemi Covid-19 belum bisa diprediksi kapan akan berakhir. Setelah varian pertama, datang varian Delta.

"Tiga hari yang lalu WHO (Badan Kesehatan Dunia) menyampaikan diperkirakan akan muncul lagi varian baru,"  terang Jokowi.

Presiden menjelaskan munculnya varian baru tersebut akan menyebabkan pandemi bisa lebih panjang dari yang kita perkirakan.

"Artinya kita membutuhkan pertahanan nafas yang panjang oleh sebab itu saya minta gubernur dan walikota untuk fokus pada masalah baik diri Covid-19 maupun ekonomi,"  terang Jokowi.

Dalam menghadapi lonjakan kasus, Presiden  minta kepala daerah untuk menyiapkan tempat-tempat isolasi terpusat untuk pasien Covid-19 bergejala ringan maupun tanpa gejala. 

"Ini    merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan di daerah, terutama di wilayah padat penduduk. Tanpa adanya tempat isolasi terpusat, kecepatan penularan Covid-19 di wilayah padat penduduk tersebut diyakini bisa terjadi semakin cepat dan masif, " terang Jokowi.

Jokowi menandaskan penyiapan rumah isolasi terutama untuk yang bergejala ringan. Kalau bisa, ini sampai di tingkat kelurahan atau desa, ini akan lebih baik. Kalau tidak, paling tidak, ada isolasi terpusat di tingkat kecamatan terutama ini untuk kawasan-kawasan yang padat, utamanya di kota-kota, ini harus ada. 

"Karena cek lapangan yang saya lakukan untuk kawasan-kawasan padat, (rumah berukuran) 3x3 (meter) dihuni oleh empat orang. Saya kira ini kecepatan penularan akan sangat masif, kalau itu tidak disiapkan isolasi terpusat di kelurahan itu atau paling tidak di kecamatan," ujarnya.
       
Jokowi  juga meminta kepala daerah untuk merencanakan dan menyiapkan rumah sakit daerah, termasuk rumah sakit cadangan dan rumah sakit darurat. Hal tersebut perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi apabila terjadi lonjakan sehingga kapasitas rumah sakit penuh.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler