Uangnya Ada, Kemenag Lebak: Calon Jamaah Haji Bisa Ambil Kembali BPIH

Senin, 7 Juni 2021 17:39 WIB

Share
Petugas memberikan pelayanan di Kantor Kemenag Lebak. (foto: Yusuf)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID-- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas  telah mengeluarkan keputusan untuk membatalkan seluruh keberangkatan haji pada tahun 2021 dengan alasan menjaga keselamatan jamaah haji terhadap penyebaran Covid-19.

Pelaksana Tugas Humas Kementerian Agama (Kemenag) Lebak, Halimatu Sadiyah mengatakan, akibat keputusan tersebut sebanyak 844  Calon Jamaah haji yang dijadwalkan akan berangkat pada tahun 2021 batal berangkat.

Padahal, ratusan jemaah tersebut telah mengikuti berbagai prosedur tahapan haji seperti pengurusan Paspor dan Visa, bahkan pelunasan biaya haji atau biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH).

“Ada 844 jemaah yang sudah lunas dan siap untuk berangkat pada tahun ini. Namun dengan adanya keputusan Menag, ratusan jamaah haji tersebut batal untuk berangkat pada tahun ini, ” kata Halimatu kepada Pos Kota di Kantor Kemenag Lebak, Rangkasbitung, Senin (7/6/2021).

Halimatu menuturkan, walaupun dibatalkan pada tahun ini, para jamaah haji dipastikan dapat berangkat pada tahun depan yakni 2022.

BPIH para jamaah haji ada disimpan utuh pada Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH).

Namun, bagi para jamaah yang ingin membatalkan haji mereka dan berniat mengambil kembali uang BPIH yang telah mereka bayarkan dapat langsung mendatangi Kantor Kemenag Lebak.

Para jamaah dapat mengambil secara utuh uang yang mereka bayarkan pada BPIH tersebut.

”Jamaah dapat mengajukan penarikan BPIH dengan datang ke kantor kami (Kemenag Lebak) dengan membawa dokumen-dojumen hajinya,” katanya.

Semua, kata dia, akan dikembalikan secara utuh, tidak ada potongan apapun.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler