Komisi V DPR RI Kunjungan Spesifik ke BMKG Serang

Rabu, 16 Juni 2021 14:55 WIB

Share
Anggota Komisi V DPR RI, TB Haerul Jaman. (foto: Luthfi)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Komisi V DPR RI melakukan kunjungan spesifik ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) atau Stasiun Meteorologi dan Maritim Serang, Rabu (16/6/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka memastikan kondisi BMKG Serang berjalan dengan baik.

Selain itu juga tentu mendengar berbagai aspirasi dan keluhan yang disampaikan.

"Dari berbagai aspirasi yang tadi disampaikan tentunya akan kami tindaklanjuti, kemudian bisa dilakukan pembahasan bersama dengan pemerintah," kata Anggota Komisi V DPR RI, TB Haerul Jaman.

Anggota DPR dari fraksi Golkar Dapil Banten 1 ini melanjutkan, ada beberapa hal yang disampaikan kepada dirinya, terutama terkait masalah kemaritiman dan peralatan kebencanaan.

"Bagaimana nanti BMKG juga bisa memprediksi cuaca lebih cepat dan akurat, serta mudah diakses oleh masyarakat," ucapnya.

Selain itu, lanjut mantan Wali Kota Serang ini, kecepatan informasi perkiraan cuaca yang didapat oleh masyarakat, terutama para nelayan, akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas nelayan ketika akan melaut.

"Ketika BMKG bisa cepat memberikan informasi cuaca, maka mereka akan dengan sigap juga mencari ikan ke titik-titik yang berpotensi," ujarnya.

Selain persoalan itu, terkait dengan peralatan early warning system juga tadi menjadi salah satu pembahasan. Bagiamana memang Banten ini rentan terhadap potensi bencana alam, terutama tsunami tentu harus diantisipasi sedini mungkin.

"Saat ini Banten hanya satu alat pendeteksi tsunami, padahal idealnya harus minimal 7 dengan luas lautan yang cukup panjang ini," jelasnya. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler