Ada Potensi Gempa Megatrust di Selat Sunda, BMKG Gelar Sekolah Lapang Geofisika di Penggarangan Lebak

Selasa, 25 Mei 2021 16:12 WIB

Share
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati membuka SLG di Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak. (ist)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID-- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Geofisika Klas I Tangerang mengadakan kegiatan Sekolah Lapang Geofisika (SLG).

Kegiatan tersebut di Desa Panggarangan, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak pada tanggal 24 - 25 Mei 2021. 

SLG itu dibuka secara langsung oleh Kepala BMKG Prof. Ir. Dwikorita Karnawati dan jajarannya  di Kantor Desa Panggarangan, Kecamatan Panggaran, Lebak, Banten, pada Senin (24/5/2021) kemarin.

Kegiatan SLG diikuti oleh 43 peserta, adapun peserta kegiatan ini merupakan perwakilan dari unsur BPBD Kabupaten Lebak, Polsek, Koramil, Puskesmas, Camat, Kepala Desa, dan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Selain itu, Kampung Siaga Bencana (KSB), Sekolah, PMI, Potensi SAR, Media, Pelaku Wisata (hotel), Pelaku Industri, dan Gugus Mitigasi Lebak Selatan. 

Dalam sambutannya, Kepala BMKG menjelaskan, kegiatan SLG itu meliputi sesi paparan dan diskusi tentang potensi kegempaan dan tsunami di wilayah Banten, sistem dan produk peringatan dini tsunami BMKG, kesiapsiagaan menghadapi gempabumi dan tsunami, peran media, hingga masyarakat siaga tsunami IOC-UNESCO.

Serta sesi simulasi dalam ruang (Table Top Exercise - TTX) yang mensimulasikan terjadinya gempabumi M8,7 berpotensi tsunami bersumber dari megathrust Selat Sunda yang kemudian direspon oleh peserta SLG.

Selain itu dilakukan penyerahan dan pemasangan rambu arah evakuasi dari BMKG ke pemerintah daerah Kabupaten Lebak.

"Ini merupakan bagian dari ikhtiar kita untuk mempersiapkan dan melatih diri dalam mitigasi bencana terhadap potensi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu," kata Dwikorita.

Selain kegiatan SLG, BMKG juga mengadakan BMKG Goes to School pada tanggal 27 Mei 2021 yang diikuti oleh sekolah-sekolah yang rawan terlanda bencana tsunami di pesisir selatan Lebak.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler