Hari Ini, Sudah 32 Kali Gempa Guncang Laut Selat Sunda

Minggu, 23 Mei 2021 22:29 WIB

Share
Pemberitahuan gempa bumi di Pandeglang (ist)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID-- Gempa bumi tektonik terus menguncang wilayah perairan laut Selat Sunda, tepatnya di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang terus terjadi hingga Minggu (23/5/2021) malam.

BMKG menyebut, sudah 32 kali gempa tektonik itu mengguncang wilayah perairan tersebut. Gempa awalnya terjadi hanya dua kali dengan kekuatan gempa mencapai 5,0 dan 5,4 Magnitudo pada pukul 10.50 WIB.

Namun, terus disusul dengan gempa-gempa susulan yang berkekuatan bervariarif mulai dari 2,0 hingga 4,4 Magnitudo dengan jangka waktu yang berdekatan.

Tercatat, gempa terakhir terjadi pada pukul 21.41 WIB dengan kekuatan 3,0 Magnitudo yang bersumber dari 26 Kilometer bagian barat daya Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang.

 

Menurut BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan sesar naik atau thrust fault.

"Bukan di zona megatrush, karena itu di Ujung Kulon. Terasa getaran seakan akan truk berlalu," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Suwardi melalui rilis yang diterima Pos Kota, Minggu (23/5/2021).

Guncangan gempabumi itu sendiri dirasakan di Kalapnunggal, Sukabumi, Labuan, Munjul, Rangkasbitung, Banjarsari, Cileles, Cirinten, dan Bayah .

Walaupun begitu, BMKG menyebut tidak ada kerusakan akibat puluhan guncangan gempat tersebut.

 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler