Dua Kali Seba Tak Ditemui Gubernur Banten, Suku Baduy Kecewa 

Minggu, 23 Mei 2021 08:08 WIB

Share
Kepala Dindikbud Banten (berbaju putih) mewakili Gubernur Banten menemui masyarakat Baduy. (foto Luthfi)

Dalam kondisi normal, tradisi ini biasanya diikuti oleh ribuan masyarakat Baduy dalam dan Baduy luar. Masyarakat Baduy dalam yang masih menjaga penuh tradisi leluhur yang akan memimpin ritual sakral tahunan ini.

Sedangkan masyarakat Baduy luar, yang sudah tercampur dengan budaya luar tetap mengikuti Seba sebagai masyarakat pendamping. Untuk kalangan ini, pemerintah biasanya menyediakan kendaraan sebagai moda transportasi mereka menuju Serang.

Sedangkan bagi masyarakat Baduy dalam, mereka tetap berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki. Dalam menjalankan ritual ini, memakan waktu berhari-hari. Makanya Seba ini hanya diikuti oleh para lelaki saja, untuk kaum perempuannya tetap di rumah menjaga ladang mereka masing-masing.

Baduy luar atau Baduy Pendamping, ditandai dengan pakaian hitam dan ikat kepala biru. Sementara itu, Baduy Dalam atau Urang Jero memakai busana dan ikat kepala putih. Urang Jero bisa dijumpai di Kampung Cibeo, Cikawartana, dan Cikeusik.

 

Sedangkan di musim Pandemi Covid-19 ini, hanya 24 orang yang datang mengikuti ritual Seba Gede. Hal itu sesuai dengan anjuran pimpinan masyarakat Baduy.

Jaro Saidi Saputra yang merupakan Tanggungan Jaro ke-12 masyarakat Baduy seusai acara Seba Gede di pendopo lama Sabtu malam, (22/5/2021) mengatakan, Seba gede yang rutin dilakukan setiap tahun dalam dua tahun terakhir ini sedikit kurang pas silaturahminya.

Hal itu dikarenakan yang dituju oleh masyarakat Baduy adalah Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) sebagai Bapak Gede, tapi kemudian yang menghampiri justru hanya perwakilannya saja.

"Tapi tidak masalah, yang penting kelanjutan Seba kami dari tahun ke tahun jangan sampai tertunda," ucapnya.

 

Halaman
1 2 3 4
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler