Subdit Gakkum PMJ Menilang 635.690 Pengendara Via E-TLE, Didominasi Pelanggaran 3 Jenis ini

Kamis, 25 November 2021 19:42 WIB

Share
Kasubdit Gakum AKBP Hamdani saat memonitor rekaman CCTV pada uji coba e-tilang atau E-TLE. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Subdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya sudah menilang 635.690 pelanggar lalu lintas yang terpantau Tilang Elektronik atau E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di wilayah Hukum Polda Metro Jaya. 

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono menuturkan, pihaknya telah mendata, sejak  245 hari pihaknya sudah menindak penilangan lewat E-TLE sebanyak 635.690 pelanggar lalu lintas.

“Tentunya ini yang melanggar pengendara roda empat, didominasi melanggar rambu marka jalan, sabuk pengaman dan berkendara sambil bermain HP,” ucap AKPB Argo kepada Poskota.co.id, Kamis (25/11/2021).

Ia  menambahkan, mekanisme tilang elektronik di jalur-jalur tertentu ini jika pelanggar lalu lintas bakal terkendala saat sedang memperpanjang bayar pajak kendaraanya.

 “Jadi setiap pelanggar lalu lintas diverifikasi terlebih dahulu apa betul melanggar diakui atau tidak, membayar. Baru pelanggar lalu lintas melaksanakan denda pembayaran tilang,” paparnya.

Pria lulusan Akpol tahun 2003 ini pun mengatakan kalau  kendaraan yang setiap kena tilang E-TLE tidak bisa memproses perpanjang surat. 

“Jadi setiap pelanggar kena E-TLE itu tidak bisa memproses perpanjang kendaraan dikarenakan sudah terkena tilang elektronik,” paparnya. 
(Novriadji Wibowo)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler