Jalan-jalan ke Kota Serang Nanti Bakal Dibikin Bengong, Nama Jalan, Gedung, Tempat Wisata Pakai Tulisan Arab Pegon 

Kamis, 25 November 2021 16:31 WIB

Share
Gerbang masuk menuju kota Serang.(ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Sejumlah ruas jalan di Kota Serang akan dipercantik dengan hiasan tulisan aksara Arab Pegon. Saat ini proses itu tengah dalam perencanaan pembuatan Peraturan Walikota (Perwal). 

Perwal aksara Arab Pegon itu merupakan inisiasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang yang mengusulkan draf Perwal-nya. 

Kepala Disdikbud Kota Serang Alpedi mengatakan, salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Kota Serang adalah Aksara Arab Pegon.  

Aksara Arab Pegon adalah aksara dengan menggunakan aksara Arab namun dalam beberapa huruf menyimpang dari kaidah bahasa Arab karena menyesuaikan dengan bunyi bahasa daerah, dalam hal ini bahasa Jawa dialek Banten.

Guna melestarikan Aksara Arab Pegon, maka diusulkanlah pembuatan draf Perwal Aksara Arab kepada Pemerintah Kota Serang. Perwal Pegon ini diharapkan dapat meletarikan Aksara Arab Pegon di Kota Serang sehingga tetap lestari. 

“Pelestarian Aksara Arab Pegon memerlukan payung hukum berupa Perwal Aksara Arab Pegon,” kata Alpedi,  Kamis (25/11/2021). 

Dengan adanya Perwal Aksara Arab Pegon nanti maka nama-nama jalan, baik yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan Pemerintah Kota Serang ke depan akan dilengkapi dengan Aksara Arab Pegon. 

Selain nama jalan, juga diharapkan dapat diterapkan pada tempat wisata, gedung pemerintahan dan tempat publik lain menggunakan Aksara Arab Pegon. 

“Pemerintah Kota Serang wajib hukumnya melestarikan budaya yang ada,” kata Alpedi 

Alpedi menuturkan, di beberapa daerah seperti Jawa Tengah, Aceh, dan lainnya juga menerapkan aksara lokal yang menjadi kekayaan budaya mereka.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler