Ada Tol Serang-Panimbang, Pemprov Banten Bakal Ubah RTRW

Selasa, 23 November 2021 20:09 WIB

Share
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Gubernur Banten Wahidin Halim usai meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang.(ist)
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Gubernur Banten Wahidin Halim usai meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang.(ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Pemprov Banten berencana akan mengubah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Rencana perubahan itu akan dilakukan pada tahun 2022 nanti, mengingat sejak 2017 lalu RTRW Banten belum pernah dilakukan perubahan. 

Hal itu dikatakan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH), Selasa (23/11/2021).

Menurut WH, perubahan itu perlu dilakukan mengingat saat ini jalan tol Serang-Panimbang (Seruan) seksi pertama sudah mulai dioperasikan. 

"Keberadaan itu tentu akan berdampak langsung kepada tatanan kehidupan dan mata pencaharian masyarakat sekitar," ujarnya. 

Untuk mengimbangi dan membuat payung hukumnya yang jelas, WH akan melakukan perubahan RTRW.

"Supaya nanti masyarakat yang ingin membangun toko usaha bisa lebih mudah kalau secara RTRW-nya sudah mendukung," jelasnya. 

Tapi perubahan itu, lanjut WH, tidak akan semuanya dilakukan. Perubahan itu yang jelas harus memperhatikan kondisi masyarakat sekitar. 

"Berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat iya, tapi jangan sampai hal itu justru menggusur para pedagang kecil yang ada di sana dengan adanya usaha-usaha makanan lainnya yang lebih besar," ujarnya. 

Namun tentu, lanjutnya, yang akan menjadi dasar perubahan RTRW Provinsi itu usulan perubahan dari Kabupaten dan Kota, karena yang memiliki wilayah adalah mereka. 

Halaman
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler