Wah, Ikan Lele Diolah jadi Puding Rasa Coklat, Kamu Penasaran? Begini Lho Cara Bikinnya

Senin, 22 November 2021 20:57 WIB

Share
Puding lele rasa coklat hasil onovasi Yuri (58) seorang pengusaha katering di kawasan Ulujami, Jakarta Selatan.(Foto: Novriadji Wibowo)
Puding lele rasa coklat hasil onovasi Yuri (58) seorang pengusaha katering di kawasan Ulujami, Jakarta Selatan.(Foto: Novriadji Wibowo)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Ikan lele dikenal sebagai pelangkap hidangan lauk pauk dan nasi. Namun bagi Reno Yori (58), ikan tawar yang umumnya biasa dibuat untuk pecel lele tersebut, justru bisa diolah secara unik. 

Ikan lele yang dikenal dengan dagingnya yang gurih saat digoreng kering itu dijadikan hidangan penutup (dessert) puding ikan lele.

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Binaan Sudin Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Selatan ini pada Senin (22/11/2021) mengatakan, kalau ia bisa mengolah ikan lele menjadi puding dicampur rasa coklat.

 

Reno Yori (58), -embuat dan pemilik puding lele rasa coklat dan salah satu produk puding ikan lele yang dihasilkannya.(Foto: Novriadji Wibowo)

“Rasanya manis. Untuk olahan ikan lelenya kami ambil bagian dagingnya saja dan kulitnya kami lepas. Difillet seperti ikan dori gitu. Lalu kami rebus lelenya supaya tidak bau amis. Kemudian  diblender dengan coklat dan diolah menjadi pudding,” ucap Reno soal ditanya rasa puding lele tersebut.

Bisnis puding lele inovasinya ini sudah dilakukannya sejak tahun 2018. Dia terinspirasi dengan makanan khas Palembang, pempek. Karena pempek ada kandungan ikannya.

“Kenapa tidak saya pikirkan ikan lele saya buat puding. Kebetulan saya kan di PKK dan Sekretariat RW 06 Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, suka ikut lomba juga. Alhamdulillah juara tiga lomba,” tuturnya.

Dirinya menjual per cup atau mangkok. Puding lele rasa coklat tersebut harganya bervariasi. Mulai dari Rp 10-15 ribu per cup.

“Kalau pakai loyang isinya bisa 6. Harganya  Rp 50 ribu. Alhamdulillah, pernah ada yang pesan 100 loyang. Langsung  habis,” ucap wanita penjual rumahan sekaligus katering pesanan ini.

Pemilik Reno Catering ini tidak menjual puding lele rasa coklat secara online. Namun ia tetap optimis dengan berjualan di rumah mencukupi pendapatannya. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler