Jika Tidak Efektif, Dievaluasi Sampai 2022, Bakal Diganti Prodi SMK yang Banyak Dibutuhkan Industri

Senin, 15 November 2021 15:32 WIB

Share
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Muhammad Tabrani. (Luthfi)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Muhammad Tabrani menargetkan evaluasi Prodi SMK yang kurang efektif akan selesai pada tahun 2022.

Menurut Tabrani, evaluasi itu sudah mulai dilakukan oleh Disdikbud Banten sejak beberapa waktu yang lalu dan saat ini proses itu masih terus berjalan. 

"Kami targetkan tahun 2022 nanti semua SMK yang ada di Banten sudah terevaluasi untuk kemudian bisa menggantinya dengan Prodi yang banyak dibutuhkan di dunia industri," katanya, Senin (15/11/2021). 

Diakui Tabrani, sebagaimana perintah dari Gubernur Banten untuk prodi di SMK itu harus mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja di industri

 "Jadi yang sudah jenuh kita tidak akan buka dan kita sesuaikan dengan kebutuhan nanti serta kita petakan," ucapnya. 

Hal itu, tambahnya, sebagai upaya pemprov Banten melakukan link and mach antara dunia pendidikan dengan dunia industri sebagai salah satu upaya untuk mengurangi tingkat pengangguran. 

"Setelah ini diselesaikan, Insya Allah persoalan pengangguran di Banten bisa terselesaikan," tuturnya. 

Untuk itu, lanjutnya, pak Gubernur memberikan arahan terkait dengan peningkatan kapasitas dan kompetensi para calon pengawas yang nantinya akan ditugaskan di seluruh wilayah Banten. 

Mudah-mudahan calon pengawas nanti dapat pahami subtansi dia sebagai pengawas baik dalam kapasitas dia paham administratif maupun terhadap urusan akademisi. 

"Termasuk dalam pengelolaan keuangan di setiap sekolah itu harus benar-benar diawasi dengan benar," tutupnya. (Luthfillah) 

Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler