Akibat Pergeseran Tanah di Desa Sukawangi, 1 Rumah Hancur, 182 Jiwa Diungsikan

Senin, 15 November 2021 10:44 WIB

Share
Seorang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bogor mengamati keretakan tanah di Desa Sukawangi, Bogor.(BPBD)

BOGOR, POSKOTA. CO. ID - Ratusan warga di Kampung Cigandel RT. 04/03, Sukawangi,  Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Senin (15/11/2021), mengungsi ke tempat aman lantaran terjadi fenomena pergeseran tanah hingga membuat akses jalan terputus.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko,  pegerasan tanah tersebut terjadi bertahap semenjak Kamis (11/11/2021). 

Hal ini disebabkan karena tingginya intensitas hujan di lokasi.

"Laporan yang kami terima hari Sabtu (13/11/2021) kemarin, ada keretakan tanah dari titik awal ke titik akhir hampir sejauh 100 meter. Sampai saat ini pun kondisi tanah masih bergerak," ujar Aris kepada wartawan usai dikonfirmasi.

Selain itu ada satu rumah warga berisi dua Kepala Keluarga dengan enam jiwa yang rumahnya hancur akibat pergeseran tanah tersebut.

"Satu rumah yang terdampak itu keluarga dari Ibu Aminah dengan dua jiwa dan Keluarga Bapak Yayat Mulyadi dengan empat jiwa bersama para korban terancam ada 41 rumah dengan 49 KK total 182 jiwa diungsikan dibagi dua tempat yaitu di SDN Gunung Batu RT. 04/03 Desa Sukawangi dan ada di rumah saudara juga, " katanya.

Selain itu, ada 29 KK 19 Jiwa mengungsi ke Rumah saudara nya masih di daerah Desa
Menurut Aris tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian ini. 

Hanya ada akses jalan desa ke Kampung Cigadel amblas kedalaman 50 centimeter.

"Para warga kita ungsikan antisipasi ada pergerakan tanah susulan mengingat intensitas hujan masih tinggi di sekitar lokasi," tutupnya.

"Tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Bogor sudah ada di lokasi mengingat kondisi terkini belum kondusif, "  tutupnya. 
(Angga Pahlevi

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler