Awas! November ini Bulannya Ular Menetas, Jangan Biarkan di Rumah Ada Tumpukan Barang Bekas

Minggu, 14 November 2021 07:57 WIB

Share
Petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur mengevakuasi seekor ular yang bersembunyi di mesin sepeda motor milik satpam perumahan Pulomas Residence, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (12/11/2021). (Foto: Ardhi Ridwansyah)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pihak Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur mengimbau agar warga waspada terhadap ular yang berkeliaran di permukiman mereka. 

Kepala Pleton Damkar Kelompok B Sektor 8 Ciracas, Enjat Sudrajat memastikan warga untuk waspada sebab bulan November merupakan periode pelbagai jenis ular bertelur dan menetas. 

"Memang bulan-bulan November saatnya ular-ular menetas dan hidupnya (telur menetas) pada musim hujan seperti ini, lembab," ucapnya kepada wartawan, Minggu (14/11/2021).

Seperti kasus ditemukannya empat anak ular sanca dan satu anak ular kobra di loker tempat penyimpanan alat olahraga permukiman warga RT 11/07, Kelurahan Susukan. 

Kelima ular itu ditemukan warga pada Kamis  (11/11/2021) sekira pukul 21.10 WIB. Adapun panjang empat ular sanca itu sekitar 60 sentimeter dan satu ular kobra sekutar 80 sentimeter. 

Anak-anak ular tersebut diduga tak menetas di dalam loker, melainkan di lokasi lain namun masuk lewat celah loker saat mereka mencari lokasi yang suhu udaranya lembab. 

"Ular itu lebih senang ketika di sekeliling rumah banyak barang bekas yang tidak tertata. Apalagi di samping rumah ada tumpukan puing-puing," terangnya. 

Dalam beberapa kasus, jajaran Sudin Gulkarmat Jakarta Timur  mendapat laporan evakuasi ular yang ditemukan di pekarangan rumah warga hingga bagian loteng, dapur. 

Ihwal menabur garam untuk menghalau ular masuk, menurut Enjat cara itu tak terbukti mencegah ular masuk ke permukiman atau rumah. 

"Enggak, enggak ada pengaruhnya. Lebih bagus menutup celah di rumah agar tidak ular masuk. Kalau (menabur) garam itu enggak ada pengaruhnya," terangnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler