Ada Lowongan Jadi Bintara Polisi Nih! Tersedia 3 Kategori, Cek Syarat dan Ketentuannya

Kamis, 11 November 2021 13:03 WIB

Share
Karo Sdm Polda Banten KBP Arif Fajarudin. (ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Bagi pemuda dan pemudi di Provinsi Banten yang tertarik menjadi polisi, ini kabar baiknya. 

Polda Banten membuka kesempatan bagi pemuda pemudi Warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi Bintara Polri Proaktif TA 2022.

Ada tiga kategori dalam rekrutmen kali ini yakni affirmative action, talent scouting, dan penghargaan.

Karo Sdm Polda Banten KBP Arif Fajarudin menyampaikan kategori affirmative action (tindakan penguatan) yaitu suatu kebijakan yang diberikan secara khusus kepada kelompok atau golongan tertentu.

Tentunya dilakukan secara proposional dalam rangka rekrutmen pendidikan pembentukan calon Bintara Polri yang berkualitas dan berkeadilan bagi putra atau putri dari berbagai daerah di indonesia.

"Sumber rekrutmen pendidikan bintara Polri yang berasal dari Kategori affirmative action yaitu dari pulau-pulau kecil terluar atau wilayah perbatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Arief Fajarudin, Kamis (11/11).

"Wilayah atau suku pedalaman yang bercirikan masih menetap atau tinggal pada suatu daerah terpencil atau pedalaman di hutan, gunung, laut dan pesisir pantai yang menggantungkan hidupnya dari sumber daya alam dan masih menjunjung tinggi kepercayaan, kearifan lokal, adat istiadat dan budaya yang berlaku didaerah tersebut yang penetapannya sebagai wilayah atau suku pedalaman dengan keputusan Kapolri dan pulau terpencil berpenghuni yang kriteria dan penetapannya dengan keputusan kapolri," imbuhnya.

Selanjutnya Arif Fajarudin menyampaikan kategori affirmative action calon Bintara Polri dengan syarat penduduk asli, yang berdomisili di daerah tersebut dan dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga.

Sedangkan bagi bukan penduduk asli, yang berdomisili di daerah tersebut, paling singkat 3 tahun terhitung pada saat buka pendidikan pembentukan Bintara Polri.

Demikian dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga atau ijazah/rapor mulai kelas X, XI, XII sekolah di daerah tersebut.

Halaman
1 2 3
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler