Peringati Hari Pahlawan, Pelajar Kabupaten Serang Gelar Festival Menari Heroik  

Rabu, 10 November 2021 22:23 WIB

Share
Salah satu kelompok siswa SMP menampilkan tarian ringkang jawari dalam festival yang digelar Dindikbud Serang.(ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pahlawan, puluhan kelompok pelajar SD dan SMP melakukan tarian heroik pada Festival Tari Ringkang Jawari, Rabu (10/11/2021).

Festival yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang bertujuan untuk melihat implementasi hasil dari workshop guru seni budaya. 

Kepala Bidang Kebudayaan Dindikbud, Beni Kusnandar mengatakan, tarian ringkang jawari ini merupakan gagasan dari Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang penciptanya adalah Dosen Fakultas Seni Pertunjukan Untirta. 

Tarian ringkang jawari memang heroik, lantaran memiliki makna menggambarkan wanita Banten yang berjuang dalam mensejahterakan masyarakat Banten.


 "Tarian ringkang jawari ini menggunakan almadad dan diiringi lagu. Alat itu biasanya digunakan untuk permainan debus. Meski heroik, tetap tidak melupakan naluri kewanitaannya," kata Beni kepada wartawan disela sela kegiatan festival.

Beni menuturkan, festival ini selain memperingati hari jadi Kabupaten Serang dan Hari Pahlawan, pihaknya ingin juga melihat dan evaluasi hasil dari workshop yang telah digelar bersama guru seni SD dan SMP belum lama ini

"Jadi seperti apa implementasinya yang diterapkan kepada anak didiknya?, gurunya dilatih dan muridnya dilatih, terus kami festivalkan," tuturnya. 

Beni mengungkapkan, ada sebanyak 22 kelompok pelajar SD dan SMP 15 kelompok yang mengikuti festival. Pada festival ini pihaknya memilih juara satu sampai harapan tiga, dan semua peserta akan diberikan piagam penghargaan.

"Karena keterbatasan memang tidak ada uang pembinaan, kita lakukan ini ingin semata mata guru seni bisa terus berkarya, budaya harus jalan dan berkesenian harus dilatih pada anak didiknya," tuturnya. 

Namun ia menegaskan festival dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat."Alhamdulillah kita lihat sangat luar biasa animonya," imbuhnya. 
(Rahmat Haryono)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler