KPK Serahkan Barang Rampasan Hasil Korupsi Senilai Rp 85,1 Milliar

Selasa, 9 November 2021 17:31 WIB

Share
Gedung KPK. (ist)

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID-- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyerahkan barang rampasan senilai Rp 85,1 milliar.

Barang rampasan hasil korupsi tersebut diserahkan kepada Kejaksaan RI hingga ke tingkat Kementerian.

"Barang rampasan ini dalam wujud seperti kendaraan, tanah, dan bangunan, dengan nilai taksiran total sekitar Rp 85,1 milliar," ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Selasa (9/11/2021).

Penyerahan barang rampasan hasil korupsi itu dilakukan sebagai upaya KPK dalam mendorong pemanfaatan asset recovery agar lebih bermanfaat.

Di antara yang akan mendapat barang rampasan tersebut yaitu Kejaksaan RI, Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pemerintah Yogyakarta.

"KPK berharap melalui PSP dan hibah ini, barang-barang rampasan hasil TPK dapat memberikan manfaat optimal dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas pada instansi penerima," katanya.

Pemgembalian asset negara ini disebut Ali Fikri juga sebagai suatu bentuk upaya KPK untuk memaksimalkan pengembalian asset negara yang telah dinikmati para koruptor.

"Hal ini selaras dengan penegakan hukum pada konteks pemberantasan korupsi yang tidak hanya memberikan efek jera kepada pelakunya, namun bagaimana upaya tersebut juga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya terhadap pemulihan kerugian keuangan negara," ujarnya. (cr-05)

Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler