Serius Nih! Seluruh Fasyankes Wajib Pasang QR Code Ini

Sabtu, 6 November 2021 22:02 WIB

Share
AAplikasi PeduliLindungi di tempat umum. (Foto: poskota)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) diwajibkan Kementerian Kesehatan agar memasang QR Code.

QR Code tersebut yang terintegrasi dengan aplikasi Pedulilindungi.

Pemasangan QR Code dilakukan di setiap akses pintu masuk dan keluar di lingkungan instansinya.

"Ini untuk mengantisipasi penularan Covid-19 ditengah tingginya mobilitas masyarakat di fasyankes," terang Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Prof. Abdul Kadir di Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/3933/2021 tentang QR Code Pedulilindungi Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Adapun fasyankes yang dimaksud meliputi rumah sakit, puskesmas, klinik serta laboratorium kesehatan.

Prof. Abdul Kadir menjelaskan pemasangan QR Code Pedulilindungi tersebut dimaksudkan untuk mengetahui jumlah pengunjung, mempermudah pelacakan pegawai maupun pengunjung yang datang ke fasyankes baik milik pemerintah dan swasta serta pendataan situasi COVID-19 di lokasi tersebut.

"Dengan demikian, protokol kesehatan dapat diterapkan dengan baik. 'Meski kasus mereda, Kemenkes terus memperluas pemasangan QR Code di tempat-tempat publik termasuk fasyankes. Ini untuk mempermudah pemeriksaan dan pelacakan setiap pengunjung yang datang. Jadi mobilitas mereka terpantau terus, kalau ada yang positif jadi lebih mudah tracingnya,'' kata Prof. Abdul Kadir.

Aplikasi ini sangat penting, karenanya Prof Kadir menginstrusikan kepada seluruh fasyankes agar segera memasang QR Code Pedulilindungi yang bisa didapatkan dengan mengajukan permohonan kepada pemerintah di laman cmsreg.dto.kemkes.go.id tunggu hingga akun diverifikasi. (johara)

Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler