Ombudsman Banten Apresiasi Kapolda Pilkades Berjalan Aman, Lancar dan Sehat

Sabtu, 6 November 2021 18:51 WIB

Share
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten Dedy Irsan. (ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Kepala Ombudsman Perwakilan Banten Dedy Irsan mengapresiasi Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto.

Kali ini atas keberhasilan menciptakan rangkaian pilkades di seluruh Banten pada Oktober yang lalu berjalan aman, sehat dan kondusif, tanpa ada gangguan kamtibmas.

Dedy Irsan mengatakan bahwa rangkaian pemilihan kepala desa (Pilkades) di beberapa kabupaten di wilayah hukum Polda Banten pada Oktober 2021 telah selesai dilaksanakan.

Upaya pengamanan dari personel Kepolisian, bekerjasama dengan TNI dan Pemda telah berhasil mewujudkan pelaksanaan Pilkades yang aman, sehat dan kondusif.

"Ini semua berkat kerjasama dari berbagai pihak yang terlibat dalam pengamanan, terutama personel Polda Banten dan BKO dari Korps Brimob yang bekerjasama dengan unsur TNI dan Pemda pelaksana Pilkades," ucap Dedy Irsan dalam keterangannya, Sabtu (6/11/2021).

Ia menjelaskan bahwa pesta demokrasi tingkat desa yang diselenggarakan di tengah kondisi pandemi Covid-19 memang membutuhkan strategi pengamanan yang tepat guna mencegah munculnya potensi Pilkades sebagai treager cluster Covid-19. 

Namun jauh sebelum Pilkades dilaksanakan, Kapolda telah menginstruksikan semua Kapolres untuk memprioritaskan pelaksanaan vaksinasi bagi warga di desa pemilihan dan meminta peran tiap kepala faerah untuk menyediakan gerai-gerai vaksin di TPS.

"Strategi inilah yang telah membuat seluruh rangkaian pelaksanaan Pilkades pada Oktober 2021 lalu berjalan dengan sehat, tidak ada cluster baru Covid-19 dalam rangkaian Pilkades tersebut," Dedy Irsan.

Kapolda juga telah menyampaikan dengan tegas kepada seluruh personel pengamanan di tiap TPS agar tidak membawa senjata api dan harus bersikap humanis. "Netralitas harus dijaga sebagai komitmen Polri disetiap pesta demokrasi," imbuh Dedy Irsan.

Dengan strategi ini, Dedy Irsan menambahkan bahwa rangkaian Pilkades yang dilaksanakan di 64 desa di Kabupaten Tangerang, 206 desa di Kabupaten Pandeglang, 265 desa di Kabupaten Lebak dan 144 desa di Kabupaten Serang telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. 

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler