Stanby di Musim Penghujan, BPBD Kota Serang: Karena Belajar dari Pengalaman

Kamis, 4 November 2021 17:10 WIB

Share
Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Serang Diat Hermawan. (foto Luthfi)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- BPBD Kota Serang mengaku sudah stanby dalam menghadapi musim penghujan yang belakang sudah mulai mengguyur wilayah Kota Serang dan sekitarnya. 

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Serang Diat Hermawan mengatakan, banjir di Kota Serang sudah rutin terjadi setiap tahunnya, intensitasnya bisa mencapai tiga sampai empat kali dalam setahun. 

"Kami sudah siap. Karena belajar dari pengalaman, Kota Serang itu dalam setahun setidaknya terjadi sampai empat kali musibah banjir," ujarnya, Kamis (4/11/2021). 

Diat menambahkan, banjir yang diantisipasi pihaknya itu di sekitar daerah Citra Gading, Cipocok Jaya.

Kemudian di Kecamatan Walantaka, dan di Kecamatan Kasemen. 

"Di Kasemen itu wilayah yang menjadi paling terdampak biasanya di Kampung Gedung Leles, itu yang kami pantau khusus," katanya. 

Diakui Diatas, berdasarkan analisa dirinya, penyebab banjir di beberapa tempat itu lebih dikarenakan saluran irigasi airnya yang kurang lancar. 

"Ditambah lagi banyak bangunan yang berdiri di bantaran sungai, padahal secara aturan jelas itu melanggar," ucapnya. 

Seperti banjir yang sering terjadi di wilayah kampus Untirta Serang, lanjutnya, itu disebabkan oleh banyaknya bangunan yang berdiri di bantaran sungai yang kemudian menjadi korban. 

"Kami mau menyeterilkan sungainya juga tidak bisa, karena tidak ada akses untuk menyisir sungai itu," katanya. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler