DPK Banten Gencarkan Penguatan Literasi Masyarakat

Rabu, 3 November 2021 20:44 WIB

Share
Kepala DPK Provinsi Banten, Usman Asidiki Kohara saat memberikan sambutan pada acara literasi masyarakat di Aula Serba Guna Kantor Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang. (ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten, Usman Asidiki Kohara mengungkapkan dalam upaya penguatan literasi pihaknya terus bergerak dengan gencarkan berbagai kegiatan. 

Hal itu sebagai komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dengan visi misi menjadikan Banten maju, mandiri dan sejahtera.

"Karena masyarakat yang maju itu adalah masyarakat yang cerdas, karena dia mampu memahami apa yang dibutuhkan untuk dirinya dan apa yang dibutuhkan untuk masyarakatnya," ujar Usman.

Hal itu disampaikan Usman Asidiki Kohara usai membuka acara Literasi Masyarakat bertemakan “Pilar terwujudnya masyarakat cerdas”.

Kegiatan pembudayaan kegemaran membaca tingkat Daerah Provinsi Banten Tahun 2021 ini digelar di Aula Serba Guna Kantor Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Rabu (3/10/2021).

"Kan biasanya melalui media perpustakaan, perpustakaan berfungsi untuk apa? Untuk membangun kecerdasan dan keberdayaan dua sisi, dia cerdas dan berdaya, makanya kami ingin melakukan penguatan itu," ungkap Usman.

Dia mengungkapkan, DPK Banten untuk saat ini masih menggunakan media perpustakaan daerah dalam memfasilitasi masyarakat.

Namun, upaya agar lebih efektif pihaknya pun mengadakan berbagai kegiatan. 

"Kami harus bergerak langsung dengan melakukan berbagai kegiatan antara lain dengan literasi masyarakat. Karena apa? Karena masyarakat menjadi basis dari penguatan literasi itu, kita menjadikan mereka sebagai aktor perubahan bukan hanya kita mendorong secara formal dengan melalui program program yang bisa bersifat seremonial," katanya.

Hadir pada kesempatan tersebut, perwakilan Komisi V DPRD Provinsi Banten, Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPK Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya, dan puluhan kepala desa se Kecamatan Kragilan.

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler