Ulama Kharismatik dan Tokoh Sentral Melawan Penjajah Belanda, Raden Aria Wangsakara Layak jadi Pahlawan Nasional 

Selasa, 2 November 2021 14:29 WIB

Share
Lukisan Raden Aria Wasangkara.(ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menyambut baik penetapan Raden Aria Wangsakara sebagai pahlawan nasional. 

Menurut orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Banten itu, penetapan Raden Aria Wangsakara sebagai pahlawan nasional diharapkan menjadi teladan dan inspirasi bagi penerus bangsa. 

"Saya mengucapkan terima kasih atas ditetapkannya Raden Aria Wangsakara sebagai pahlawan nasional," kata Gubernur WH, Selasa (2/11/2021). 

Menurut WH, sepak terjang Raden Aria Wangsakara di Banten khususnya untuk wilayah Tangerang sangat luar biasa. Kiprahnya dalam berjuang, diharapkan bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi penerus bangsa. 

"Semoga menjadi contoh bagi kita selaku penerus, khususnya dalam membangun di Provinsi Banten," katanya. 

Diketahui, pemerintah melalui Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan mengumumkan tokoh pejuang dari daerah yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional. 

Salah satu tokoh yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional adalah tokoh pejuang asal Tangerang, yaitu  Raden Aria Wangsakara. 

Raden Aria Wangsakara dikenal sebagai tokoh pendiri Tangerang sekaligus ulama kharismatik juga sebagai tokoh sentral perlawanan terhadap penjajah Belanda pada zamannya. 

Penganugerahan gelar pahlawan nasional untuk Raden Aria Wangsakara merupakan gelar pahlawan nasional keempat untuk tokoh pejuang Banten.

 Sebelumnya, tokoh pejuang Banten yang sudah memperoleh gelar pahlawan nasional adalah Sultan Ageng Tirtayasa (gelar Pahlawan Nasional tahun 1970), Syafruddin Prawiranegara (gelar Pahlawan tahun 2015), dan Brigjen KH Syam'un gelar Pahlawan Nasional tahun 2018).

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler