Ziarah ke Makam Pahlawan, Mapancas Ingatkan Era Digital jadi Kesempatan Para Pemuda Berinovasi Membangun Bangsa 

Senin, 1 November 2021 07:47 WIB

Share
Rombongan DPP Mapancas saat berdoa di taman makam pahlawan yang merupakan bagian dari kegiatan dies natalis ke 63 dengan melakukan napak tilas dan road show. (ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Mahasiswa Pancasila (Mapancas), Pilar Saga Ichsan melakukan napak tilas dan roadshow ke sejumlah daerah. 

Selain dalam rangka dies natalis Mapancas ke 63, kegiatan ini untuk meningkatkan semangat para pemuda untuk meneladani para pahlawan dan membangun Bangsa.

Kegiatan yang dilakukan sejak Kamis (28/10/2021), diawali  dengan berziarah ke makam pendiri Mapancas, Purnawirawan Jenderan TNI AH Nasution di Taman Makam Pahlawan (KMP) Kalibata, Jakarta. Kemudian pengurus DPP Mapancas tiba di Semarang pada Sabtu (30/10/2021), setelah sebelumnya mengunjungi Bali. 

Setelah tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang, Pilar dan rombongan langsung melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal di Semarang. 

Cuaca gerimis tidak menyurutkan semangat para pengurus Mapancas. Justru suasana itu membuat ritual ziarah lebih khidmat. 

Ziarah diisi dengan kegiatan berdoa bersama, tabur bunga dan mengheningkan cipta untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur membela Bangsa. 

“Para pendiri Mapancas, serta para pahlawan kemerdekaan adalah teladan bagi kita semua. Dari mereka kita diwariskan bangsa yang merdeka. Namun lebih dari itu, semangat para pahlawan harus selalu ada dalam diri setiap pemuda Indonesia,” kata Pilar dalam keterangan tertulis, Minggu (31/10/2021). 

Menurutnya, sejarah membuktikan bahwa peran pemuda sangat vital dalam proses meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Pada setiap masa, para pemuda harus mengambil peran dengan kapasitasnya masing-masing dalam berkontribusi positif untuk bangsa dan negara. 

“Bapak Presiden dalam pidato peringatan Sumpah Pemuda memberikan pesan, agar kita semua mampu mengisi kemerdekaan Indonesia dengan kontribusi nyata. Pak Presiden juga mengingatkan, era digital adalah kesempatan bagi para pemuda untuk bisa berinovasi membangun bangsa,” ujar Wakil Walikota Tangerang Selatan ini. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler