Stop Melumasi Rantai Motor Pakai Oli Bekas! Kalau Enggak Mau Sampai Kejadian 3 Hal Ini 

Rabu, 27 Oktober 2021 17:03 WIB

Share
Stop Melumasi Rantai Motor Pakai Oli Bekas! Kalau Enggak Mau Sampai Kejadian 3 Hal Ini 
Agar tetap awet, rantai motor harus menggunakan pelumas khusus, jangan pakai oli bekas.(ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Meskipun tidak dianjurkan, tapi gak bisa dipungkiri, saat ini masih banyak bikers atau pun mekanik di bengkel umum yang melumasi rantai sepeda motor menggunakan oli bekas.

Padahal saat ini sudah banyak beredar di pasaran pelumas khusus rantai yang lebih dianjurkan karena dibuat dengan kandungan chemical untuk membersihan dan juga melumasi rantai roda.

“Namanya juga oli bekas, pasti banyak kotoran dan gram (serpihan logam) dari blok mesin yang terlarut. Jadi jika pakai oli bekas untuk melumasi rantai itu bisa memperpendek usia rantai, terutama rantai yang tipe O-ringnya,” ujar Andi Lupus, mekanik Rafira86 Racing, Jagakarsa, Jakarta kepada Poskota.co.id.

 
“Jadi kalau mau awet, buat apa pakai oli bekas lagi, jaman sekarang kan sudah banyak yang jual chain lube (pelumas rantai),” tambahnya.

Berikut dampak dari melumasi rantai pakai oli bekas:

1. Rantai cepat aus
Di dalam oli bekas terdapat sisa kotoran dan gram (serpihan logam). Bila digunakan untuk melumasi rantai roda, dikhawatirkan kotoran logam tersebut masuk ke sela-sela rantai dan mengakibatkan rantai roda cepat aus dan memuai. Sehingga harus sering mengatur ketegangan rantai roda. Kalau sudah aus, rantai motor pun rentan putus.

 2. Rantai cepat kotor

Rantai roda motor yang dilumuri oli bekas terlihat kurang menarik, berwarna hitam dan cepat kotor. Pasalnya, kotoran seperti debu bakal lebih mudah menempel di rantai yang dilumuri oli bekas.

3. Bisa menyiprat ke mana-mana

Oli bekas yang digunakan untuk melumasi rantai roda ini bisa menyiprat ke mana-mana, saat roda bergerak. Ujungnya cipratan oli bekas tersebut menempel dan bikin kotor komponen di sekitarnya. Sepert swing arm, pelek, shockbreaker hingga pakaian pengendara dan boncengers.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler