Imigrasi Serang Deportasi 3 Warga Negara Asing

Senin, 25 Oktober 2021 18:30 WIB

Share
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang Victor Manurung melakukan pemaparan dalam rapat kordinasi Timpora di Forbis Hotel, Kabupaten Serang. (haryono)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Tiga warga negara asing (WNA) dideportasi Kantor Imigrasi Kelas I Serang.

Dari tiga orang WNA yang dideportasi, satu di antaranya belum dilaksanakan karena masih dalam pengawasan karena terpapar Covid-19.

WNA yang dideportasi Kantor Imigrasi Serang tersebut dua di antaranya warga negara Cina dan satu orang dari warga negara Bangladesh.

"Ada tiga orang WNA belum lama ini kita pulangkan dan kita cekal (cegah tangkal)," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang Victor Manurung dalam rapat kordinasi Timpora di Forbis Hotel, Kabupaten Serang, Senin (25/10/2021).

Victor menjelaskan, mereka yang telah dipulangkan tersebut sudah di-blacklist dan tidak boleh masuk ke Indonesia sampai waktu enam bulan.

"Satu karena overstay, satu orang karena selesai menjalankan pidana, dan satu lagi hasil pengawasan dari kita," ungkap Victor.

Adapun satu WNA yang selesai menjalani pidana tersebut merupakan warga negara Cina, sedangkan WNA yang overstay warga negara Bangladesh.

"Satu lagi WNA Cina terkait pelanggaran izin tinggal tapi dia belum bisa kita kembalikan karena terpapar Covid-19. Kita masih nunggu keterangan dari orang kesehatan," tuturnya.

Victor menjelaskan, Tim Penanganan Orang Asing (Timpora) adalah salah satu wadah saling tukar informasi antara kementerian lembaga pemerintah yang memiliki wewenang dalam menangani orang asing.

Seperti Kementerian Tenaga Kerja menangani masalah ketenagakerjaan, soal tindak pidana umum menjadi tugas dari kepolisian.

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler