Diskusi Daring Gelora: 30 Juta Pelaku UMKM Terancam Bangkrut, Revolusi Ekonomi

Kamis, 14 Oktober 2021 10:49 WIB

Share
Diskusi Daring Partai Gelora. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Revolusi ekonomi dinilai menjadi salah satu solusi dalam menyelamatkan ekonomi Indonesia.

Dibutuhkan reformasi ekonomi berskala besar yang sistemik dalam struktur perekonomian sekarang.

Revolusi ekonomi diperlukan untuk menyelamatkan Indonesia dari kebangkrutan dunia usaha dan kebangkrutan negara.

Demikian di antara yang terungkap dalam diskusi secara daring yang disiarkan secara live di Channel YouTube Gelora TV, Kamis (14/10/2021).

Diskusi tersebut dikemas melalui Gelora Talk bertajuk 'Covid-19 dan Ancaman Kebangkrutan Dunia Usaha', di Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Pengamat ekonomi Faisal Basri dan juga Bob Azam Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) turut hadir dalam diskusi.

Menurut Wakil Ketua Apindo Bob Azam mengatakan, pandemi Covid-19 telah mengakibatkan 50% dari 30 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terancam bangkrut.

Disamping itu, ada juga perusahaan-perusahaan yang masih dalam periode bertahan dan bisa menghadapi situasi pandemi, serta ada perusahaan yang dalam masa recovery. 

Namun, dia mengungkapkan, ada lebih dari 1.000 perusahaan yang telah mengajukan diri ke Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Perusahaan itu menghadapi ancaman kebangkrutan juga. 

"1.000 lebih perusahaan yang mengajukan diri ke PKPU menghadapi isu kebangkrutan. Dan pandemi ini belum tentu akan selesai karena masih ada ancaman varian baru dan perubahan-perubahan di dunia usaha," pungkasnya.

Halaman
1 2 3
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler