Status PPKM Level 3, Pilkades Serentak Kabupaten Pandeglang Lanjut Terus 

Senin, 11 Oktober 2021 16:30 WIB

Share
Pembacaan ikrar damai Cakades di Pandeglang. (Foto:Yusuf Permana)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 207 Desa di Kabupaten Pandeglang akan terus berjalan pada tahun ini.

Bahkan, Pemkab sudah mengunci tanggal pelaksanaan pemungutan suaranya pada 17 Oktober 2021 nanti.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang Doni Hermawan mengatakan, Pilkades itu akan tetap berjalan meski kini  masuk ke dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

"Pilkades tetap akan dilaksanakan sesuai dengan Permendagri. Seperti di Tangerang kemarin yang sudah melakukan Pilkades serentak," kata Doni saat dihubungi, Senin (11/10/2021).

Doni mengatakan, pada  perhelatan pesta demokrasi rakyat itu sedikitnya ada 700 lebih Cakades yang akan bertarung guna mendapatkan kursi kepala Desa di 207 Desa yang tersebar di Pandeglang.

Menurutnya, dalam pelaksanaan Pilkades itu pihaknya sudah menggangarkan lebih dari Rp 3 milliar yang berasal dari APBD Pemkab Pandeglang tahun 2021 untuk biaya pencetakan surat suara, keamanan dan lain-lainnya.

"Dari pihak desa juga turut menganggarkan  dari dana desa (DD) yang nominalnya minimal Rp 50 juta, dan maksimal Rp150 juta dengan 20 Tempat Pemilihan Suara (TPS) di Desanya,"  katanya.

Ia memastikan pelaksanaan pilkades akan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat guna menghindari penularan Covid-19.

"Kita juga sudah meminta agar para Cakades untuk menghindari kampanye secara iring-iringan. Jika pun melanggar akan kami berikan sanksi teguran, hingga pencoretan dari pemilihan," tegasnya.

Terakhir, ia berpesan kepada para Cakades untuk tetap menjaga kondusifitas daerah dengan berkompetisi secara adil.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler