Pilkades Makin Dekat, Bupati Minta Para Cakades di Pandeglang Hindari Potensi Konflik 

Senin, 11 Oktober 2021 12:04 WIB

Share
Para Cakades di Pandeglang secara serentak membacakan ikrar damai.(Foto: Yusuf Permana)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID  - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 206 desa yang tersebar di Kabupaten Pandeglang sudah semakin dekat, yakni pada 17 Oktober 2021 nanti.

Para calon kepala desa (Cakades) pun sudah melakukan deklarasi damai secara daring dan luring di hadapan Bupati Pandeglang Irna Narulita. 

Bupati pun meminta agar para Cakades menginplementasikan ikrar janji tersebut. Ia juga meminta agar para Cakades menghindari kegiatan yang berpotensi menimbulkan konflik di ruang lingkup masyarakat.

"Ikrar janji dalam deklarasi damai itu menjadi acuan untuk dipatuhi oleh para calon kades agar pilkades di Pandeglang berjalan lancar dan damai," ungkap Bupati Irna di Pandeglang, Senin (11/10/2021).

Dengan mamatuhi aturan yang berlaku pada pelaksanaan pilkades serentak, diyakini Bupati Irna, potensi konflik tidak akan pernah terjadi.

"Semua taat dan patuh pada peraturan, meminimalisir konflik, yang menang terhormat, kalahpun bermartabat," ujarnya.

Bupati menuturkan, dua di antara pointer ikrar janji caldes adalah untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh rangkaian tahapan pemilihan kepala desa secara tertib, aman, damai, beretika dan bertanggung jawab, serta bersedia dituntut secara hukum apabila melanggar ikrar ini. 

"Kepala desa sudah berikrar untuk melakukan deklarasi damai. Saya sangat menghormati baik yang petahana maupun yang baru untuk taat dan patuh pada aturan yang berlaku,"imbuhnya.

Menurutnya, salah satu tujuan pesta demokrasi pilkades adalah mencari pemimpin berahlak, profesional, dapat membangun desanya, serta mensejahterakan rakyatnya. 

"Saya apresiasi perjalanan yang sangat panjang ini, mudah-mudahan tidak ada urusan sampai ke ranah hukum, saya yakin anda (Caldes) punya tanggung jawab," pungkasnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler