Kali Mookervart Bakal Dibuatkan Pintu Air dan Pompa Untuk Tanggulangi Banjir

Senin, 11 Oktober 2021 17:00 WIB

Share
Kali Mookervart yang berada di Cengkareng, Jakarta Barat. (Google)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Kali Mookervart di Cengkareng, Jakarta Barat rencananya akan dibuatkan pintu air dan pompa.

Kali yang melintasi Jakarta Barat dan Kota Tangerang tersebut rawan banjir, terutama pada musim hujan.  

Camat Cengkareng Ahmad Faqih menyebut, banjir disebabkan karena aliran air dari kali Semanan langsung ke kali Moolervart, sehingga perlu dibuatkan pintu air.

"Ada kali yang dari kali Semanan itu belum dibuatkan pintu air, belum ada pompa, makanya itu jadi bahasanya itu biang kerok banjir disitu ya itu," ujarnya dikonfirmasi, Senin (11/10/2021).

Meski begitu, pembangunan pintu air dan pompa itu, tidak dilakukan dalam waktu dekat. Sebab saat ini masih dalam kajian Dinas.

"Tapi memang itu menjadi sumber banjir bagi warga di RW004, RW005, dan RW006 Kelurahan Duri Kosambi, termasuk ke belakang ke Semanan," jelasnya.

Menurut Faqih, jika air di kali Mookervart tinggi, air otomatis akan meluap ke beberapa RW yang ada di kawasan tersebut.

Hal itu disebabkan lantaran posisi permukaan tanah di RW yang terdampak banjir, lebih rendah dari bibir kali.

"Jadi solusinya dibuatkan pintu air dan pompa jadi pada saat banjir kalau memang air di kali Mookervart naik pintu air ditutup," paparnya.

Faqih menjelaskan, penyebab kali Mookervart tinggi saat musim penghujan karena pada kali tersebut dialiri air yang berasal dari kali Semanan.

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler