Selain Kampret, Tas Koja dan Lomar, Baduy Juga Punya Durian, Madu Hutan, Hingga Gula Aren

Minggu, 10 Oktober 2021 21:46 WIB

Share
Wisatawan tengah berbelanja cinderamata khas Baduy di sebuah gerai. (Foto: Yusuf Permana)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Suku Baduy merupakan sekelompok masyarakat adat yang tinggal di pelosok Kabupaten Lebak, tepatnya di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Mereka dikenal dengan keteguhannya dalam menjaga alam, tradisi, dan budaya yang telah turun temurun diwariskan sejak jamannenek moyangnya.

Jaraknya yang hanya sekitar 160 Kilometer dari ibu kota Jakarta, membuat Baduy sering dijadikan tempat riset oleh kalangan peneliti yang berasal dari elemen pelajar dan mahasiswa.

Mereka tertarik akan kebudayaan yang ada di wilayah Adat yang kondisinya masih asri itu. Sehingga mereka rela untuk melakukan tracking untuk sekedar menikmati pemandangan dan udara yang alami itu. 

Terlebih, Baduy juga memiliki berbagai kerajinan tangan khas mereka yang wajib menjadi buah tangan seperti pakaian kampret, taskKoja, ikat kepala alias lomar dan juga kain tenun khas rajutan para pengrajin. 

Selain itu, Baduy kaya akan sumber daya alamnya. Buah durian, madu hutan, dan juga gula aren banyak didapati di sini. Bahkan menjadi khas buah tangan bagi wisatawan. 

Durian Baduy sangat terkenal dengan citra rasa yang manis dan unik. Sehingga tidak aneh jika para wisatawan rela jauh-jauh pergi dari Jakarta ke Baduy hanya untuk mencicipi durian Baduy itu.

Harganya juga cukup murah, mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 70 ribu saja. Bahkan, wisatawan bisa mendapatkan harga khusus yang lebih murah jika memborong langsung ke lokasi.

"Tadi saya beli durian yang kecil, harganya Rp 30 ribu. itu rasanya manis banget. Enggak kapok walau harus jauh-jauh dari Tanggerang," kata Sinta, wisatawan asal Tanggerang.

Menurutnya, rasa durian di Baduy memiliki rasa yang unik yang beda dengan durian lainnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler