Begini Tim BPCB Temukan Tiga Titik Jalur Air Peninggalan Kesultanan Banten, Diperkirakan Sejak Tahun 1703

Sabtu, 9 Oktober 2021 08:31 WIB

Share
Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten menemukan tiga titik jalur air peninggalan Kesultanan Banten. (foto Luthfi)

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten menemukan tiga titik jalur air peninggalan Kesultanan Banten.

Diperkirakan jalur air tersebut sudah ada sejak tahun 1703 Masehi. 

 

Tiga titik yang menjadi temuan yaitu dari danau Tasikardi ke Pangindelan Abang, Pangindelan Abang ke Pangindelan Putih dan dari Pangindelan Putih ke Pangindelan Emas.

Kesemuanya berada di Kampung Sukadiri, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. 

Tim dari BPCB bersama mahasiswa Arkeologi UI dan Jambi saat ini masih melakukan ekskavasi jalur pengairan itu sampai akhir bulan Oktober 2021.

Staf Kelompok Kerja Pemugaran BPCB Banten Bayu Aryanto mengatakan, jalur pengindelan ini difungsikan untuk proses penjernihan air yang berasal dari Danau Tasikardi menuju ke Keraton Surosowan.

Selanjutnya untuk memasok kebutuhan air di wilayah Kesultanan. 

"Jarak antara satu kotak galian ke kotak lainnya 50 meter," katanya,  Jumat (8/10/2021). 

Sampai saat ini, selama 7 hari proses ekskavasi sudah terlihat lapisan bata sekitar 11 sampai 12 lapisan di sekitar area persawahan.

Halaman
1 2
Editor: Khomsu Rijal
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler