Wapres Pastikan Sampai Kapan Pun, 40 % Perdagangan Global Melewati Perairan Indonesia   

Jumat, 8 Oktober 2021 17:14 WIB

Share
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengenakan pakaian adat Sunda. (Setwapres)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menegaskan bahwa posisi Indonesia sampai kapan pun akan selalu strategis dalam peta perdagangan dunia.

"Dari sekitar 90% perdagangan global yang diangkut melalui laut, 40% di antaranya melewati perairan Indonesia," tandas Wapres.
      
Itu disampaikan Wapres di acara pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Indonesia (Aspeksindo) secara virtual dari kediaman resmi Wapres di Jakarta, Jumat (8/10/2021).
      
Wapres menambahkan, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dengan dua per tiga luas wilayahnya berupa laut dan memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia, Indonesia memiliki potensi kemaritiman yang sangat besar.

Lebih dari itu, dengan lokasi di antara dua benua, Asia dan Australia; dan dua samudera, Pasifik dan Hindia menjadikan Indonesia pada titik strategis persilangan alur lalu lintas laut yang menghubungkan benua timur dan barat.
       
"Atas dasar itulah diangkat visi Indonesia ke depan sebagai poros maritim dunia, sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang besar, kuat, dan makmur," terang Wapres.
      
Sebagai negara poros maritim dunia, menurut Wapres, sehingga mengembalikan identitas Indonesia sebagai bangsa maritim, pengawal kepentingan dan keamanan maritim, serta memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan Indonesia.
      
"Untuk mewujudkannya, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Diperlukan peran serta berbagai pihak, baik pemerintah pusat dan daerah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan juga organisasi kemasyarakatan," tegasnya.

Wapres menilai Aspeksindo, selama kurang lebih 4 tahun terakhir sejak didirikan, telah memainkan peran yang penting dalam memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan pembangunan ekonomi Indonesia.

"Pemerintah memberikan apresiasi atas peran serta Aspeksindo dalam pembangunan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan di wilayah kepulauan dan pesisir," Wapres menandaskan.

Di sektor perekonomian, lanjut Wapres, Aspeksindo  membangun wilayah kepulauan dan pesisir dengan menggali potensi dan keunggulan daerah untuk mendorong percepatan pembangunan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan mengembangkan "ekonomi biru".

(Agus Johara)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler