Mau Diselundupkan ke Tangerang, 5 Ton Lebih Daging Babi Diamankan Polisi di Pelabuhan Bakauheni 

Kamis, 7 Oktober 2021 21:58 WIB

Share
Petugas kepolisian menyerahkan 5 ton lebih daging babi yang hendak diselundupkan ke Kabupaten Tangerang kepada petugas kekarantinaan Pelabuhan Bakauheni, Lampung.(ist)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID - Aparat kepolisian bersama petugas kekarantinaan ikan, hewan dan tumbuhan berhasil menggagalkan penyelundupan 5 ton lebih daging babi di Pelabuhan Bakauheni, Rabu (6/10/2021), sekitar pukul 07.00 WIB. '

5 ton lebih daging babi dalam mobil Isuzu Giga Box Frezer itu diamankan saat di pintu masuk pelabuhan.

Dari hasil pemeriksaan, daging babi yang dikemas dalam 160 karung warna putih seberat 5.196 Kg dan dimasukkan ke dalam boks freezer itu dibawa dari Provinsi Bengkulu hendak dikirim ke Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. 

Mobil Isuzu warna putih bernopol B 9662 TXO itu dikendarai oleh Moh.Rifai, warga Kedungbang, Provinsi Jawa Tengah bersama kernetnya, Iwan Hadi Prayogo, warga Kedungbang, Jawa Tengah.

Kepada petugas, Moh Rifai mengatakan, daging babi tersebut diangkut dari daerah Tanjungkemuning, Kabupaten Kaur Bengkulu dan akan dibawa ke daerah Tangerang.

"Ongkos angkutnya Rp 10 juta. Pemilik  baru bayar sebesar Rp8.000.000. Sisanya, Rp2 juta, ketika sudah sampai di tujuan," kata Rifai.

Dari hasil penangkapan sopir dan kernet dikenakan pasal 88 huruf a dan c UU RI No. 21 Tahun 2019 tentang karantina ikan, hewan dan tumbuhan. 

Pengemudi berikut daging babi dibawa ke kantor KSKP Bakauheni untuk dimintai keterangan dan diproses lebih lanjut. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Karantina Wilker Bakauheni.(Sur)


 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler